TESIS BERJUDUL : OPTIMASI KINERJA PELAYANAN BONGKAR MUAT PETI KEMAS DI PELABUH_AN TANJUNG EMAS SEMARANG

Subagio, Harry (2001) TESIS BERJUDUL : OPTIMASI KINERJA PELAYANAN BONGKAR MUAT PETI KEMAS DI PELABUH_AN TANJUNG EMAS SEMARANG. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
4Mb

Abstract

ABSTRAK Pelabuhan adalah tempat yang terdiri dari daratan dan perairan disekitarnya dengan batas-batas tertentu sebagai tempat kegiatan pemerintahan dan kegiatan ekonomi yang dipergunakan sebagai tempat kapal bersandar,berlabuh,naik/turunnya penumpang dan/atau bongkar/muat barang yang dilengkapi dengan fasilitas keselamatan pelayaran dan kegiatan penunjang pelabuhan,serta sebagai tempat perpindahan intra dan antar moda transportasi. Pada penelitian ini penulis melakukan penelitian yang dilakukan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang,khususnya tentang p'elaksanaan kegiatan bongkar/muat peti kemas. Seperti kita ketahui bersama bahwa kecenderungan pola angkutan barang diseluruh dunia pada saat ini sudah mulai beralih dengan menggunakan kemasan barang yang dimasukkan kedalam peti kemas,mengingat dengan kemasan cara ini keselamatan barang-barangnya lebih dapat dijamin dari pada kemasan model lama. Untuk dapat melakukan kegiatan bongkar/muat peti kemas dipelabuhan diperlukan beberapa peralatan agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan cepat,aman dan lancar. Selain dermaga sebagai tempat bersandarnya kapal maka peralatan yang terpenting adalah : Container Crane (CC), Head Truck (HT), dan Rubber Tyred Gantry (RTG).Berapa kebutuhan peralatan tersebut yang harus disediakan oleh pihak penyelenggara pelabuhan tentunya sangat dipengaruhi oleh banyaknya peti kemas yang harus dibongkar/dimuat melalui pelabuhan serta kondisi lay out pelabuhan tersebut. Mengingat bahwa peralatan tersebut mempunyai nilai yang sangat mahal sudah barang tentu pihak penyelenggara pelabuhan dalam menginvestasikan peralatan tersebut harus benar-benar tepat. Berapakah perbandingan jumlah dari masing-masing peralatan yang ideal agar tidak sampai terjadi kapasitas terpasang dari peralatan tersebut yang idle. Oleh karenanya penulis berupaya mengadakan penelitian ini guna mendapatkan komposisi perbandingan dari masing-masing peralatan yang ideal. Mengingat kecenderungan kenaikan jumlah kunjungan kapal serta arus bongkar muat barang/peti kemas dipelabuhan Tanjung Emas yang terus meningkat maka sebelum melakukan investasi peralatan , upaya melakukan optimalisasi kinerja pelayanan bongkar/muat peti kemas dipelabuhan Tanjung Emas ini dipandang sebagai langkah yang tepat dan bijaksana. ABSTRACT A port is a place which consists of mainland and waters around it with a certain border as the government's place and the economic activity which is used for the ships to berth, anchoring, embark and disembark for the passangers, loading or unloading facilities for commodities which is completed with voyage safety facilities and port supporting activities as well as the intra removal and intermoda transportation. In this research, the writer hold a research in the Tanjung Emas Harbour, in particular the implementation of the container loading or unloading. As we know together that goods transportation tendency of the shipment's pattern in the whole world has changed and starts to use the goods packaging which is put into the container's, by using this method the safety of the commodities can be more guaranteed than the old method. To do the loading or unloading of the containers in the harbour we need some equipment, so that the activities can be done safely, quickly and smoothly. A quay, as a place to berth needs most important equipment such as : container crane (CC), Head Truck (HT) and Rubber Tyred Gantry (RTG). Some of the necessity of the equipment that is prepared by the harbour organizer, is influenced by the quantity of the containers that have to be loaded or unloaded through the harbour and also the harbour's lay out condition. Considering that the equipment is expensive the harbour organizer has to invest appropriately, the composition of each p ece of equipment has to be balanced. The writer has tried to do the research n order to get the ratio composition of each balanced equipment. Remembering the tendency for the increasin number of ships and also the current loading or unloading in Tanjung Emas Harbour always on the increase, before doing the equipment investment,the optimalization of the loading or unloading containers service is the best and the right choice.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:9053
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:22 Apr 2010 12:34
Last Modified:22 Apr 2010 12:34

Repository Staff Only: item control page