EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM JAMINAN KUALITAS ( QUALITY ASSURANCE PROGRAM ) ISO 9001 PADA PT. SINTRA SINARINDO ELEKTRIK DI JAKARTA

Simanjuntak, Franz Santioloan M (2001) EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM JAMINAN KUALITAS ( QUALITY ASSURANCE PROGRAM ) ISO 9001 PADA PT. SINTRA SINARINDO ELEKTRIK DI JAKARTA. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2192Kb

Abstract

ABSTRACT In The Era of industrialization that more competitive nowdays and global market condition which require high quality product , therefore a Business Company that want to be exist and develop their business's growth should increase their product's quality and giving trust to the customer that their product has been standardized internationally. Being consious about that PT.Sintra Sinarindo Elektrik as a production's company which produce equipment to be used to increase or decrease the electric voltage which is call as Transformator had been implemented Quality Assurance Program since 1998. The implementation of this quality assurance program is evaluated to investigate what are still needed to be developed which would influence the success of the implementation's program. The research is directed to the employee's perception about the implementation's program by using Likert's scale Questionnaires as a research's tools and the questionnaires was distributed to employee in the factory . As an additional to the result of the research , it was also evaluated the execution of the internal and external periodic audit concerning the implementation. The result of the research indicated that implementation of the quality program generally has been running well and employee has been well understood the quality process implemented by the company, but management still need to do some effort ie. giving more attention to the human resources, due to the human resources is the importance factor in executing the quality process. The result of research also indicated that communication beetwen management and employee need to be more increased , employee should be more involved in determining the target of the quality and implement reward's program to whom had given ideas or suggestions which developed the quality process. If the whole items described above is executing by the management of the company , the target of the quality determined by the company could be more increased ie. the persentation of the product's defect and customer's complain could be minimized toward nil or "zero defect". ABSTRAKSI Dalam era industrialisasi yang semakin kompetitif sekarang ini dan kondisi pasar global yang menuntut persyaratan kualitas produk yang tinggi , maka bagi perusahaan yang ingin tetap eksis atau meningkat pertumbuhan usahanya mau tidak mau hares berusaha bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas produknya sekaligus memberikan kepercayaan kepada pelanggan bahwa produk yang dihasilkan sudah benar-benar melalui suatu proses kualitas yang standar dan diakui oleh dunia Internasional. Menyadari hal tersebut PT.Sintra Sinarindo Elektrik yang merupakan perusahaan yang memproduksi peralatan penaik dan penurun tegangan listrik yakni Transformator telah mengimplementasikan Program Jaminan Kualitas (Quality Assurance Program) ISO 9001 sejak tahun 1998. Implementasi Program Jaminan Kualitas inilah yang dievaluasi untuk mengetahui hal-hal apa saja yang memerlukan perhatian untuk diperbaiki yang akan mempengaruhi keberhasilan dari program implementasi tersebut. Penelitian dilakukan terhadap persepsi karyawan mengenai implementasi program tersebut dengan melakukan penyebaran kuesioner metode skala Likert kepada karyawan di Pabrik. Disamping itu untuk melengkapi hasil penelitian dilakukan juga evaluasi terhadap pelaksanaan audit internal maupun eksternal yang dilakukan secara berkala sehubungan dengan implementasi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program jaminan kualitas secara umum telah berjalan dengan baik dan karyawan telah mengerti dengan baik proses kualitas yang diimplementasikan oleh perusahaan , namun manajemen perlu melakukan beberapa pembenahan yakni perhatian terhadap aspek sumber daya manusia, karena Sumber daya manusia adalah merupakan factor terpenting dalam menjalankan proses kualitas . Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek keterbukaan atau komunikasi antara karyawan dan manajemen perlu lebih ditingkatkan lagi, karyawan lebih dilibatkan lagi dalam menentukan target kualitas dan menerapkan program pemberian penghargaan (reward) kepada karyawan yang telah memberikan ide atau saran-saran yang dapat memajukan proses kualitas. Apabila pembenahan tersebut dilakukan maka target atau sasaran mutu yang telah ditetapkan selama ini akan dapat lebih ditingkatkan lagi yakni persentase produk cacat dan keluhan pelanggan dapat lebih diperkecil sampai menuju ke sasaran cacat nihil (zero defect).

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:9050
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:22 Apr 2010 12:20
Last Modified:22 Apr 2010 12:20

Repository Staff Only: item control page