ANALISIS FAKTOR•FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA SPBU 44.0105 PLAMONGANSARI SEMARANG DAN SPBU 44,0233 JOGOLOYO DEMAK

SUKAWATI, KARTINA (2000) ANALISIS FAKTOR•FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA SPBU 44.0105 PLAMONGANSARI SEMARANG DAN SPBU 44,0233 JOGOLOYO DEMAK. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
3415Kb

Abstract

ABSTRAK ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI T1NGKAT KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA SPBU.44.0105 PLAMONGANSARI SEMARANG DAN SPBU 44.0233 JOGOLOYO DEMAK Tingkat kepuasan kerja karyawan merupakan salah satu dimensi yang penting dan berpengaruh dalam operasional perusahaan secara keseluruhan. Oleh karena itu perusahaan hams senantiasa memperhatikan kepuasan kerja karyawannya, dimana kurangnya kepuasan kerja diidentifikasi dengan tingkat absensi tinggi, turnover tinggi, kelambatan dalam berkerja maupun pelayanan yang tidak ramah. Tujuan penelitian untuk menganalisis tingkat kepuasan kerja karyawan dan signifikansi hubungan antara faktor yang mempengaruhi yaitu faktor karakteristik secara individu, faktor lingkungan sosial, faktor komponen pekerjaan, dan faktor karakteristik dari perusahaan, dimana keempat faktor tersebut memuat 17 variabel bebas. Metodologi penelitian dilakukan melalui penelitian study kasus pada karyawan Pumboy, Penjual Olie dan Kepala SPBU/Supervisi SPBU 44.0105 Plamongansari Semarang dan SPBU 44.0233 Jogoloyo Demak, pengumpulan data dengan wawancara dan pengisian kuisioner dengan total responden 50 orang karyawan. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisa Regresi yang dalam pengolahannya dibantu dengan menggunakan program SPSS for Windows Release 6.0. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kepuasan kerja karyawan adalah faktor karakteristik komponen pekerjaan dan faktor karakteristik dari perusahaan. Sedangkan variabel-variabel yang berpengaruh adalah variabel gaji, variabel tunjangan, variabel hubungan antar manusia, dan variabel gaya manajemen yang kesemuanya berpengaruh positif terhadap tingkat kepuasan kerja karyawan. Kesimpulan dari penelitian bahwaRemberian gaji sesuai standar hidup, tunjangan diberikan sesuai dengan sebelum pada saat krisis dan hubungan manusia yang baik cenderung meningkatkan tingkat kepuasan kerja karyawan. sedangkan gaya manajemen (seperti penghargaan terhadap prestasi kerja dan partisipasi aktif karyawan dalam membantu memecahkan masalah perusahaan) cenderung meningkatkan tingkat kepuasan kerja karyawan. Hal yang menarik dari penelitian ini adalah adanya perbedaan pengaruh dari pengalaman kerja dan tingkat teknologi terhadap tingkat kepuasan kerja karyawan, sedangkan hasil penelitian diluar negeri pada berbagai industri menunjukkan arah sebaliknya. AND ANALYSIS OF FACTORS THAT INFLUENCE THE EMPLOYEES' JOB SATISFACTION IN SPBU 44.0105 PLAMONGANSARI SEMARANG AND SPBU 44.0233 JOGOLOYO DEMAK Job satisfaction of employees is considered as one of the important dimensions. It could determine the company's performance in overall the job satisfaction ini this research was detected from the less presence of employees while duty, turn-over of employees, unpromptliness response and not friendliness of employees. This study aims to determine the job satisfaction of the employee in the oberved company. There are seventeen variabeles which are hypothesized influenced to the job satisfaction. The data were collected by interviewing the selected so repondents (permanent staffs) using purposive sampling. Regression model was employed the data using SPSS for Windows. The results indicated that there are five out of sixteen independent variables are significant to influence employees' job satisfaction in SPBU 44.0105 and SPBU 44.0233. Those significant variables are remuneration variable, fringe benefit variable, human relation variable and style of management. This study recommends that the salary and allowance should be paid at least the same with minimum regional wage standard while, the other incentives should also be provided properly. This is in order to encourage the job motivation of the employees. Fringe benefits is given according to last fringe benefit and the good human relation tends to increase high job satisfactions. However , style of management like reward of achievement of work and employees' participation actively in helping to solve company problems tends to increase high job satisfaction. One interesting thing of the research is that there is a difficult impact of work experience and technology level of employees, on the contrary, the result from, aboard at various industry is different.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:9033
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:22 Apr 2010 11:21
Last Modified:22 Apr 2010 11:21

Repository Staff Only: item control page