Ismanta , Djoddy (2000) HU BUNGAN ANTARA PEKERJAAN, BAYARAN, PROMOSI, SUPERVISI, REKAN KERJA DAN KONDISI KERJA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KERJA KARYAWAN BANK RAKYAT INDONESIA KANTOR CABANG SEMARANG PATIMURA. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 2477Kb |
Abstract
ABSTRACT THE RELATIONSHIP BETWEEN JOB, REWARDS, PROMOTION, CO-WORKER, SUPERVISOR AND WORKING CONDITION TO JOB SATISFACTION AT BANK RAKYAT INDONESIA SEMARANG PATIMURA BRANCH The concept of job satisfaction is central to many aspects of industrial and organisational behavior. This could perhaps account for this concept being one of the most researched topics. The extent to which employees are satisfied with their job, has, therefore been considerable interest to both scholar and practitioner. This research was carry out at Bank Rakyat Indonesia Semarang Patimura Branch. The organisation is one of Public Bank in Indonesia that specially to service the retail sector. A sample of 44 employees was drawn randomly from all departments and functions of the organisation and represents about 92% per cent of all level up to the rank of officer. Data for the study were collected through a specially designed questionnaire consisted of several part questione about : Job Satisfaction, Rewards, Promotion, the job it self, co-worker, supervisor and working condition. Using Chi Square Analysis indicate that 5 of 6 variables are positively and significanly related to employees job satisfaction. Only variable co worker has no relationship with job satisfaction and variable reward has the best relationship with job satisfaction. In so far job satisfaction is concerned, the mean score for the sample work out to 69,47% and to be falling in the good category. This suggests that the employee in this company are good satisfied with their jobs ABSTRAK HUBUNGAN ANTARA PEKERJAAN, BAYARAN, PROMOSI, SUPERVISI, REKAN KERJA DAN KONDISI KERJA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KERJA KARYAWAN BANK RAKYAT INDONESM KANTOR CABANG SEMARANG PATIMURA Konsep kepuasan kerja merupakan hal yang penting dalam lingkup ilmu perilaku organisasi dan industri. Hal ini merupakan salah satu sebab mengapa kepuasan kerja menjadi topik yang sangat sering diteliti. Seberapa jauh tingkat kepuasan karyawan terhadap pekerjaannya merupakan hal yang paling menarik diteliti oleh ilmuwan maupun para praktisi. Penelitian ini dilaksanakan di Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Semarang Patimura. BRI merupakan salah satu Bank Pemerintah yang terutama bertugas untuk melayani sektor retail. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 44 orang karyawan yang dipilih secara acak dari seluruh bagian dan fungsi di dalam organisasi yang mewakili sekitar 92% dari seluruh karyawan sampai tingkat officer. Data untuk penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari beberapa pertanyaan meliputi : Kepuasan kerja, bayaran, promosi, pekerjaan itu sendiri, teman kerja, atasan dan kondisi kerja. Dengan menggunakan analisa Kai Kuadrat memberikan hasil bahwa 5 clad 6 varibel yang diteliti mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan kepuasan kerja. Hanya variabel rekan kerja yang tidak mempunyai hubungan dengan kepuasan kerja sedangkan variabel bayaran mempunyai hubungan yang paling erat dengan kepuasan kerja. Sedangkan tingkat kepuasan kerja yang menjadi perhatian utama mempunyai skor rata-rata 69, 47% dan masuk dalam kategori baik. Ini berarti bahwa tingkat kepuasan kerja karyawan di BRI Semarang Patimura adalah baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 9029 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 22 Apr 2010 11:04 |
Last Modified: | 22 Apr 2010 11:04 |
Repository Staff Only: item control page