ANALISIS POSISI BERSAING UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK PERUMAHAN EKSLUSIF PURI AYODYA Studi kasus di PT Ayodya Puri Nugraha Semarang

Arifin, Daniar (2000) ANALISIS POSISI BERSAING UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK PERUMAHAN EKSLUSIF PURI AYODYA Studi kasus di PT Ayodya Puri Nugraha Semarang. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2612Kb

Abstract

ABSTRAKSI Perumahan ekslusif Puri Ayodya yang dikembangkan oleh PT Ayodya Puri Nugraha dan berlokasi di kawasan kota Semarang atas (Tembalang), menyediakan produk rumah tipe menengah (T.125 — T.225) dengan spesifikasi mewah dengan lingkungan yang ekslusif, mengalami kelambatan dalam penjualannya sehingga berakibat target penjualan pada akhir tahun 2000 terancam tidak tercapai. Strategi yang telah diterapkan pada saat ini belum mampu menaikkan jumlah transaksi penjualan. Hal tersebut melatarbelakangi penulisan penelitian internship Mi. Tujuan penelitian untuk menganalisis strategi pemasaran perumahan ekslusif Puri Ayodya dengan menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat), dengan melihat dan mengidentifikasi faktor lingkungan internal dan ekstemal yang meliputi kekuatan dan kelemahan perusahaan, serta peluang dan ancaman lingkungan industri yang bersangkutan. Peluang dan ancaman didapat dari basil analisis industri, sedangkan kekuatan dan kelemahan didapatkan dari hasil analisis persaingan yang berpedoman pada faktor kunci sukses pemasaran yang telah ditetapkan sebelumnya dengan analisis pasar. Dari faktor-faktor tersebut dapat diketahui pengaruh yang potensial untuk mendasari penentuan strategi perusahaan nantinya. Hasil SWOT, yang menggunakan analisis TOWS Matrix, menunjukkan bahwa setelah dicari kaftan antar faktor yang saling mendukung didapatkan strategi generik terpilih. Strategi generik yang direkomendasikan bagi PT Ayodya Puri Nugraha adalah melakukan strategi diferensiasi yang implementasinya meliputi posisi produk, bauran pemasaran dan proses. Implementasi strategi tersebut harus tetap memperhatikan sasaran perusahaan, yang meliputi penjualan, imej masyarakat serta posisi persaingan, sehingga lebih realistic dan sesuai. Masalah yang muncul sejak awal yaitu penjualan yang sangat lambat dan tidak dapat memenuhi target perbulannya, serta strategi pemasaran yang telah dan sedang dilaksanakan manajemen belum tepat sasaran dan menghasilkan, dapat dipecahkan dengan terlebih dulu mengetahui faktor-faktor peluang dan ancaman yang ada pada industri serta kekuatan dan kelemahan yang ada pada perusahaan, sehingga dapat dianalisis dan dihasilkan strategi generik dan implementasinya yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang bersangkutan ABSTRACT Puri Ayodya, an exclusive real estate developed by PT Ayodya Puri Nugraha and located at upper Semarang region (Tembalang District), offered medium-tipe house products (T.125 — T.225) with a luxurious specification and an exclusive environment. Sales was too slow to achieve the target, at the end of 2000, and the strategy applied by PT Ayodya Pun Nugraha's management could not increase the sales yet. These problems was become a background for this internship research. The objective of this research was to formulate a marketing strategy by using SWOT Analysis (Strength, Weakness, Opportunity and Threat Analysis) by looking and identifying external and internal environment factors. The external environment factors (opportunity and threat) was obtained from the result of Industrial Analysis. The internal environment factors (strength and weakness) was obtained from the result of Competition Analysis, guided by Marketing Key Success Factors that had stated by using Market Analysis before. Potential influence obtained from those external and internal factors could be purpose to formulate company's marketing strategy. By using TOWS Matrix (looking at supporting-connection between external and internal factors) the result of SWOT Analysis had showed a Generic Strategy recommended for PT Ayodya Pun Nugraha. The Generic Strategy was Differentiation Strategy that implemented to product positioning, marketing mix and process. The strategic implementation was had to notice company objectives such as sales, public image and competitive position so that the strategy could be more realistic and appropriate. Problems, that has appeared from the beginning of this research, such as slow sales and non-effective strategy, could be solved by looking to industrial's opportunity and threat, and company's strength and weakness, so it could be analize and obtained a Generic Strategy and it's implementation that was appropriate to the company's objectives.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:9027
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:22 Apr 2010 10:56
Last Modified:22 Apr 2010 10:56

Repository Staff Only: item control page