ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI RUMAH DI KODYA SEMARANG ( Studi kasus pengembang perumahan di Semarang Timur )

JATMIKO, HERU (1999) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI RUMAH DI KODYA SEMARANG ( Studi kasus pengembang perumahan di Semarang Timur ). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2527Kb

Abstract

ABSTRAK Kegiatan usaha / bisnis perumahan di Kodya Semarang telah cukup lama berkembang & mengalami kemajuan yang pesat terutama didaerah pemekaran. Didorong oleh kemajuan pembangunan dan arus urbanisasi maka manusia cenderung untuk bertempat tinggal di kota. Struktur penghunian demikian membawa serta akibat usaha perumahan terus berkembang secara kuantitas & kwalitasnya. Maraknya persaingan bisnis perumahan ini mendorong para pengembang untuk membangun perumahan yang mempunyai kelebihan tersendiri untuk menarik minat konsumennya untuk membeli. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor - faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli rumah. Penelitian dilakukan di Semarang Timur yakni Perumahan Plamongan Indah, Kekancan Mukti dan Bumi Tlogosari, didasarkan bahwa ketiga lokasi tersebut d anggap sudah mewakili perumahan perumahan yang ada. Sedangkan jumlah sampel sebanyak 100 responden, dengan pengambilan sampel menggunakan metode sampling acak berlapis terbatas. Dan hasil analisis dengan menggunakan paket program mikrostat menunjukkan bahwa promosi penjualan menjadi faktor paling dominan yang mempengaruhi keputusan konsumen membeli rumah, diikuti faktor lokasi dan lingkungan perumahan, fasilitas yang ada serta harga dari rumah itu sendiri. Apabila suatu pengembang mempunyai kelebihan diantara faktor-faktor tersebut , misalnya dalam bidang promosi dan lokasinya yang lebih menarik diharapkan konsumen akan memutuskan untuk membeli rumah tersebut. ABSTRACT Housing business in Kodya Semarang have developed for a long time and go forward quickly, especially in buffer zone. Development and urbanisation urged people to live in central town,the structure of occupancy like that resulted housing business expanded in quantity and quality. Competetion of housing business stimulate developer to build the special housing, so can attact consumer to buy the house. The purpose of the study identified many factors that influence consumer to buy a house, the study area in East Semarang are Plamongan Indah, Kekancan Mukti and Bumi Tlogosari. They can represent the presence housings. Number of sample amount 100 respondent, and sample take with limited layer random sampel method. Result of analysis from microstat program show that selling promotion is the first important factor influence decision consumer to buy a house, to follow another factors are location, residential area, facility and the price of the house. If the developer has few factors from among the above factors ,like as selling promotion and interesting location, its hope that consumer will decide to buy the house.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:9021
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:22 Apr 2010 10:33
Last Modified:22 Apr 2010 10:33

Repository Staff Only: item control page