Pengaruh Role Conflict, Role Ambiguity, Job Insecurity Terhadap Kepuasan Kerja Akuntan Pendidik Pengaruh Role Conflit : Studi Empiris Pada Lingkungan Perguruan Tinggi Di Pulau Jawa

Purwanto , Marini (2000) Pengaruh Role Conflict, Role Ambiguity, Job Insecurity Terhadap Kepuasan Kerja Akuntan Pendidik Pengaruh Role Conflit : Studi Empiris Pada Lingkungan Perguruan Tinggi Di Pulau Jawa. Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .

[img]
Preview
PDF - Published Version
1445Kb

Abstract

This study intents to exainine the effect of role conflict, role ambiguity, job insecurity on the job satisfaction of educators accountants, and exainine that result of this research consistent with before resesrch by Ashford et al. (1989), Pasewark Strawser (1996), and Suwandi & Indrianloro (1999). The purpose of Ihis research is find empirically evidence about level job satisfaction of educators accountants. This study is hopes to give contribution to the development university on the increase performance of educators accountants. The data were collected by distributing quetionaires to 700 randomly sample educators accountants be located in Java. From the distributed quo tionaircs only 181 paper were returned completely and analyzed by using SPSS version 10. Sample selection method using purposive sample and snowballing. Hypotheses are tested using multiple regression model. The results indicated that role conflict, role ambiguity, job insecurity liave positive effect and significant on job satisfaction, so hypotheses in this study rejected. On thc environment work of educators accountants not influential on reduction job satisfaction. The results study not consistent with previously research by Ashford et al. (1989), Pasewark Strawser (1996), and Suwandi & Indriantoro (1999). Research. in the thture hopes can exainine another variable may be can influence job satisfaction of educators accountants. Penelitian ini menguji pengaruh variabel role conflict, role ambiguitas, job insecurity terhadap kepuasan kerja akuntan pendidik dan menguji konsislensi dengan penelitian sebelumnya apakab dengan subyek penelitian yang berbeda dengan menggunakan teori yang sama akan menghasilkan hasil yang sama dengan penelitian sebelumnya yang menggunakan akuntan publik sebagai subyek penelitian. Tujuan penelitian iii adalah menemukan bukti empiris lingkat kepuasan kerja akuntan pendidik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan teori akuntansi perilaku dan masukan kepada pihak pengelola di lingkungan perguruan tinggi akuntansi dalam meningkatkan kinerja akuntan pendidik. Data yang digunakan adalah data primer yang bersumber dari jawaban responden yaitu akuntan pendidik yang tersebar di Pulau Jawa yaitu pada lima ibukota propinsi, mctoclc pengumpulan data mcnggunakan mail survey. Metode peinilihàn sample menggunakan purposive sample dan snowballing. Sampel sebanyak 181 responden dan 700 kuesioner yang dikinim. Hipotesis diuji dengan menggunakan model regresi berganda. Hasil pengujian empinik menunjukkan bahwa variabel role conflict, role ambiguity, job insecurity mempunyai hubungan posilif dan signifikan terhadap kepuasan kerja akuntan pendidik sehingga hipotesis dalam penelitian ini ditolak, pada lingkungan kerja akuntan pendidik role conflict, role ambiguity, dan job insecurity tidak berdampak pada penurunan kepuasan kerja. Hasil peneithan ini tidak konsisten dengan penelitian sebelumnya, Asliford dick. (1989), Pasewark Strawser (1996), and Suwandi & Indniantoro (1999). Penelitian mendatang diharapakan dapat menguji variabel-vaniabel lain yang dapat mempengaruhi kepuasan kerja akuntan pendidik.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:9008
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:22 Apr 2010 09:59
Last Modified:22 Apr 2010 09:59

Repository Staff Only: item control page