ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PELANGGAN DAN STRATEGI PERUSAHAAN TERHADAP BUDAYA PERUSAHAAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN ICINERJA PERUSAHAAN ( Studi Empiris pada Seluruh Bank Peserta Kliring di Bank Indonesia Semarang )

Koesoemawardani, Ediana (2002) ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PELANGGAN DAN STRATEGI PERUSAHAAN TERHADAP BUDAYA PERUSAHAAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN ICINERJA PERUSAHAAN ( Studi Empiris pada Seluruh Bank Peserta Kliring di Bank Indonesia Semarang ). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
3588Kb

Abstract

ABSTRACT Nowadays, the high and tight competition in this globalization, force all companies especially in banking industry to point up more to the customer orientation, whilst it will push the banks to apply a proper corporate strategy in accordance with the customer orientation. This corporate strategy surely impacts to the corporate culture, henceforth, it will be done by preserving a good corporate performance or even increasing it. This research observing all the clearing participants bank in Central Bank Semarang, by using a sample of 133 respondents. The hypotheses have been tested by Structural Equation Modeling ( SEM ) in the AMOS program. The result of this study proves that customer orientantion has positif influence whether to the corporate strategy or corporate culture. Moreover, the corporate strategy also has positif influence to the corporate culture and corporate performance, besides the corporate culture itself positively effects for increasing the corporate performance. ABSTRAKSI Persaingan yang sangat ketat di era globalisasi saat ini, menuntut semua perusahaan terutama di dal am industri perbankan untuk lebih menitik beratkan ke orientasi pelanggan, sehingga mendorong bank — bank tersebut menerapkan suatu strategi yang sesuai dengan orientasi pelanggan tersebut. Sedangkan strategi perusahaan tersebut tentunya berdampak pada terhadap budaya perusahaan yang ada. Dimana selanjutnya, semua hal tersebut tentu saja dijalankan dengan tetap berupaya mempertahankan kinerja perusahaan yang baik atau bahkan mampu meningkatkannya. Penelitian ini dilakukan pada seluruh bank peserta Miring di Bank Indonesia Semarang, dengan jumlah sampel sebanyak 133 responden. Untuk menguji hipotesis dilakukan dengan Structural Equation Modeling ( SEM ) yang dijalankan dengan program AMOS. Basil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pelanggan berpengaruh positif terhadap strategi perusahaan maupun budaya perusahaan. Sedangkan strategi perusahaan juga mempunyai pengaruh positif terhadap budaya perusahaan dan kinerja perusahaan, disamping budaya perusahaan sendiri berpengaruh positif pula untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:9007
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:22 Apr 2010 09:54
Last Modified:22 Apr 2010 09:54

Repository Staff Only: item control page