Ariyastuti, Tri Wahyuni (2002) ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP PERSEPSI KONSUMEN DALAM MINAT BELI SHAMPO KAO FEATHER. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 2660Kb |
Abstract
Perusahaan yang beroriensasi pada pelanggan selalu mencari informasi akan kebutuhan pelanggan untuk dapat membaca pasar. Hal tersebut merupakan sesuatu yang penting guna menentukan strategi yang tepat. Penelitian tentang Pengaruh Atribut Produk, ini merupakan langkah untuk mengetahu persepsi konsumen dalam minat bell shampo. Dalam penelitian ini analisis atribut merupakan variabel penelitian, yaitu: keunikan, merek, kualitas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sejauh mana atribut produk seperti keunikan, merek, dan kualitas dapat mempengaruhi persepsi konsumen dalam minat bell. Dalam penelitian ini menggunakan sampeL pelanggan shampo Kao Feather. Alat analisis yang digunakan adalah program statistik AMOS 4.0. Langkah yang dilakukan adalah Confirmatory Factor Analysis, kemudian dilanjutkan dengan Structural Equation Model Hasil dari analisis data, terbukti bahwa semua variabel penelitian mempunyai pengaruh positif. Variabel penelitian keunikan, merek, dan kualitas mempunyai pengaruh terhaap persepsi konsumen, persepsi konsumen mempunyai pengaruh terhadap minat beli. Implikasi managerial dari penelitian ini adalah bahwa karena kualitasmempunyai pengaruh total lebih besar daripada keunikan dan merek trhadap persepsi konsumen dalam minat beli, maka untuk meningkatkan penjualan perlu lebih meningkatkan kualitas. Sedangkan basil penelitian tentang pengaruh langsung didapat basil bahwa variabel kualitas juga mempunyai pengaruh leih besar daripada variabel keunikan dan merek. Dari basil ini memberi implikasi bahwa untuk meningkatkan penjualan dapat dilakukan dengan jalan meningkatkan kualitas mutu produk.A customers oriented by company always ceases for information of the customer needs to comprehend the market. It is important of determining the appropriate strategy. The research focused on the Influence of Product Attributes was to discuss the perception of the customers on the interest in purchasing the shampoo. In this research, attribute analysis was the variable of the research, those were. uniqueness, mark, quality. Scope of the problem was how product's attributes such as uniqueness, mark, quality influence the perception of the customers on the interest of purchasing. The sample implemented in this research was the customers of shampoo of Kao Feather. Analysis instruments utilized was statistical program namely AMOS 4.0. The steps to take were Confirmatory Factory Analysis, later on it was followed by Structure Equation Model. The result of the analysis shows that entire variables of research have positive influence. Research variables of the uniqueness, mark and quality influence on the customer's perception, and the customers influence the interest in purchasing. Managerial implication of this research is that since the influence of the quality is totally bigger than the uniqueness and the mark's on the customer's interest in purchasing, thus to increase the sale, the quality should be improved. Meanwhile, the result of the research on the direct influence shows that quality variable also influences greater than the uniqueness and mark. The result implicates that increasing the volume of sale can be conducted by improving the quality of the products. iv
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 8969 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 1 |
Deposited On: | 21 Apr 2010 19:41 |
Last Modified: | 21 Apr 2010 19:41 |
Repository Staff Only: item control page