Handoyo, Agus (2001) Pengaruh Orientasi Wirausaha Terhadap Kinerja Perusahaan Kecil dengan Lingkungan dan Strategi sebagai Variabel Moderat (Studi Kasus Pada Industri Aneka di Kota Semarang). Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .
| PDF - Published Version 3383Kb |
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh orientasi wirausaha terhadap kinerja perusahaan dengan lingkungan dan strategi sebagai moderating variable. Fokus perhatian pa.da penelitian ini adalah pada pendekatan teori kontingensi yaitu mengenai bagaimana pengaruh fit atau match interaksi antara orientasi wirausaha sebagai variabel independen dengan lingkungan dan strategi sebagai variabel moderat mempengaruhi kinerja perusahaan sebagai variabel dependen. Obyek dalam penelitian ini adalah industri kecil jenis aneka di kota Semarang dengan responden pars pimpinan industri yang bersangkutan. Data diperoleh dari kuesioner yang disebarkan secara langsung kepada responden berdasarkan data industri kecil aneka yang terdapat pada Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota Semarang. Dalam penelitian ini orientasi wirausaha dikonseptualisasikan atas dimensi-dimensi innovativeness, proactiveness dan risk taking. Variabel lingkungan terdiri atas dimensi heterogenity, dynamism dan unpredictability. Strategi sebagai variabel moderat yang lain terdiri atas variabel marketing differentiation, innovative differentiation dan cost leadership. Kinerja perusahaan dalam penelitian ini adalah sebagai variabel dependen yang digunakan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh interaksi antara variabel independen dan variabel moderat terhadap kinerja perusahaan. Analisis regresi inoderat (Moderating Regression Analysis) digunakan dalam penelitian ini untuk menguji hipotesis-hipotesis yang diajukan. Pendekatan partial derivative untuk mengetahui arah hubungan interaksi digunakan juga dalam penelitian ini. Basil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan dan strategi memoderasi hubungan antara orientasi wirausaha dengan kinerja perusahaan. Pendekatan partial derivative menunjukkan bahwa sifat dan hubungan moderasi tersebut adalah positif, yang berarti bahwa semakin tinggi tingkat variabel moderat akan menyebabkan semakin tinggi pula pengaruh variabel independen terhadap kinerja perusahaan. Berbeda dengan hipotesis yang diajukan, penelitian ini menemukan bahwa variabel strategi cost leadership sebagai variabel moderat temyata memoderasi secara positif pula terhadap hubungan antara orientasi wirausaha dengan kinerja perusahaan. ABSTRACT The aim of this study is to examine the effect of entrepreneur orientation on firm performance, in which environment and strategy act as moderating variable. The main focus of the study is an approach using contingency theory. The theory states an assessment on how to overlook the effect of fit or match interactions between entrepreneur orientation as independent variable and environment and strategy as moderating variables influence firm performance as dependent variables. Object of the study is multiple small industry available in Semarang with the respondents are the management of the industries. Data available was gained from distributed questioner directly to the respondents according to the multiple small industries listed in Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Semarang Municipality. Entrepreneur orientation is conceptualized into dimensions such as innovativeness, proactiveness, and risk taking. Environmental variables are derived from heterogeneity, dynamism and unpredictability. Strategy as moderating variable consists of such dimensions as variable marketing differentiation, innovative differentiation, and cost leadership. Moderating regression analysis was used for examining the direction of interaction relationship. Findings from the study shows that both environment and strategy moderate the relatioship entrepreneur orientation to firm performance. Partial derivative approach illustrates a positive relationship available between the characteristic of moderations. Thus, the higher the value of moderate variables, the higher the effect of independent variables towards the performance of the firm. Unlike the proposed hypotheses, this study explains that cost leadership strategy as moderate variable indeed positively moderated towards the relationship between entrepreneur orientation and firm performance.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 8963 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 21 Apr 2010 19:20 |
Last Modified: | 21 Apr 2010 19:20 |
Repository Staff Only: item control page