HUBUNGAN ANTARA ORGANIZATIONAL LEARNING, PENGOLAHAN INFORMASI PASAR, DAN INOVASI SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PERTUMBUHAN PELANGGAN (Studi Kasus pada Bank Swasta dan Pemerintah di Kota Semarang)

MAUN, ARIYANI MATIUS (2001) HUBUNGAN ANTARA ORGANIZATIONAL LEARNING, PENGOLAHAN INFORMASI PASAR, DAN INOVASI SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PERTUMBUHAN PELANGGAN (Studi Kasus pada Bank Swasta dan Pemerintah di Kota Semarang). Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .

[img]
Preview
PDF - Published Version
3610Kb

Abstract

The increasingly competitive markets have demand the firms to find something that can be their competitive advantage. The competitive advantage that can be an important asset for the firms to increase their market perfonnance is organizational learning. By increase the ability to learn continuously, the firms can be a learning organization. As a learning organization, the firms can anticipate changes in their environment effectively through implementation of proper strategies Through that mechanism, the firms can increase their market performance. This Research is attemted to analysis correlations between organizational learning, market information processing, innovation, and market performance. Samples of this research are both government and private banks in Semarang. Data was analyzed with Structural Equation Model (SEM) by using AMOS 4.01 program. From the outcomes of this research, it can be concluded that both the ability of storing and accesing organizational memory and the ability of organizational interpretation influences positively in effectiveness of organizational learning, effectiveness of organizational learning influences positively in both accuracy of market information generation and acceleration of market information dissemination, accuracy of market information generation influences positively in acceleration of market information dissemination, acceleration of market information dissemination influence positively in sustainable innovation, and sustainable innovation influences positively in customer growth. From the result of this research, a theory implication and manajerial implication were drawn. Limitation of this research and future agenda can be used as a reference by next researchers. ABSTRAKSI Perusahaan dalam menghadapi lingkungan persaingan yang semakin ketat harus dapat menemukan suatu hal yang akan menjadi keunggulan kompetitif perusahaan. Keunggulan kompetitif yang dapat menjadi aset perusahaan untuk meningkatkan kineja pasarnya adalah organizational learning. Dengan meningkatkan kemampuan belajar secara terus menerus diharapkan perusahaan dapat terbentuk menjadi learning organization. Dengan menjadi learning organization, perusahaan dapat dengan cepat mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi di sekitar. perusahaan melalui strategi-strategi yang diaplikasikan. Diharapkan dengan mekanisme tersebut perusahaan dapat mengingkatkan kinerja pasarnya. Penelitian ini hendak menganalisis faktor-faktor yang berkaitan dengan perkembangan organizational learning perusahaan, yaitu: proses pengolahan informasi pasar, inovasi dan kinerja pasar perusahaan. Perusahaan yang dijadikan obyek penelitian adalah Bank Pemerintah dan Bank Swasta di Kota Semarang. Alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) dari paket statistik AMOS. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan menyimpan dan mengakses memori organisasi serta kemampuan interpretasi organisasi berpengaruh positif terhadap efektivitas organizational learning, efektivitas organizational learning berpengaruh positif terhadap akurasi pengumpulan informasi pasar dan kecepatan penyebaran informasi pasar, akurasi pengumpulan inforrnasi pasar berpengaruh positif terhadap kecepatan penyebaran informasi pasar, kecepatan penyebaran informasi pasar berpengaruh positif terhadap kemampuan inovasi yang berkelanjutan, dan kemampuan inovasi yang berkelanjutan berpengaruh positif terhadap pertumbuhan pelanggan. Dari basil penelitian ini dapat diambil implikasi teoritis dan implikasi manajerial. Keterbatasan penelitian dan agenda penelitian mendatang dapat dijadikan referensi bagi peneliti-peneliti sel anjutnya.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:8959
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:21 Apr 2010 19:08
Last Modified:21 Apr 2010 19:08

Repository Staff Only: item control page