HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI DAN KEPUASAN PEMAKAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI : TINJAUAN TERHADAP EMPAT FAKTOR KONTINJENSI ( STUDI EMPIRIS PADA BANK UMUM DI KOTAMADYA SEMARANG )

Pujiati , Diyah (2002) HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI DAN KEPUASAN PEMAKAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI : TINJAUAN TERHADAP EMPAT FAKTOR KONTINJENSI ( STUDI EMPIRIS PADA BANK UMUM DI KOTAMADYA SEMARANG ). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2208Kb

Abstract

Penelitian ini secara empiris menguji pengaruh keempat faktor kontinjensi (kompleksitas tugas, kompleksitas sistem, pengaruh pemakai dan komunikasi pemakai-pengembang) sebagai variabel moderating dalam hubungan antara partisipasi dan kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi. Kuesioner diantar langsung dan melalui perantara pada 215 pemakai akhir sistem informasi bank umum di Kotamadya Semarang. Tanggapan yang diperoleh dan 86 responden (40%) dianalisis dengan menggunakan analisis regresi melalui pendekatan interaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi dan kepuasan pemakai mempunyai hubungan yang positif dan signifikan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa keempat faktor kontinjensi. kompleksitas tugas, kompleksitas sistem, pengaruh pemakai dan komunikasi pemakai-pengembang berpengaruh sebagai variabel moderating dalam hubungan antara partisipasi dan kepuasan pemakai sistem informasi. Hasil-hasil penelitian ini diharapkan mampu menjelaskan hubungan antara partisipasi pemakai dan kepuasan pemakai sistem informasi dalam kondisi yang berbeda-beda. Kata Kunci: Partisipasi pemakai, kontinjensi teori, kepuasan pemakai, kompleksitas tugas, kompleksitas sistem, pengaruh pemakai, komunikasi pemakai-pengembang.This study empirically examined the influence of four contingency factors: task complexity, system complexity, user influence and user-developer communication on the relationship between user participation and user satisfaction in the information system development Questionnaires were distributed through contact person to 215 end user information system from bank industries in Semarang. A 86 respondents gave their response (40%) and it analyzed by regression analysis with interaction approach. The results this study indicated that user participation has positive and significant relationship with user satisfaction. It also indicated that four contingency factors: task complexity, system complexity, user influence and user-developer communication proved to be moderating variables on the relationship between user participation and user satisfaction in the system development The results help explain the relationship between user participation and user satisfaction by suggesting the nature of the relationship under different sets of conditions. Keywords: User participation, contingency theory, user satisfaction, task complexity, system complexity, user influnce, user-developer communication

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:8957
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:21 Apr 2010 19:05
Last Modified:21 Apr 2010 19:05

Repository Staff Only: item control page