Sulistiyani, Sulistiyani (2000) ANALISIS ORIENTASI PASAR DAN INOVASI SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PERGURUAN TINGGI SWASTA PROGRAM S1 / D IV EKONOMI DI PROPINSI JAWA TENGAH. Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .
| PDF - Published Version 2491Kb |
Abstract
Penelitian terdahulu menyatakan bahwa orientasi pasar adalah suatu kegiatan yang menitik beratkan pada orientasi pesaing, orientasi pelanggan, dan koordinasi antar fungsi ( Narver and Slater 1990 ), begitu juga inovasi merupakan sesuatu yang timbul dalam melaksanakan Ide-ide baru mengenal proses, produk, dan pelayanaan (Thompsons, 1965 ) dan faktor inovasi yang dimaksud adalah : pembagian tugas, dukungan (support), partisipasi dalam pengambilan keputusan, serta pengembangan did. Sedangkan kinerja merupakan sistem yang berhubungan dengan aktivitas hasil ( outcome ) yang diperoleh, Dengan demikian organisasi yang menitikberatkan pada orientasi pasar akan berpengaruh positlf terhadap kinerja ( Narver and Slater, 1998 ), demikian pula organisasi I perusahaan yang melakukan inovasi akan mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja (Hurley and Hutt, 1998 ). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis orlentasi pasar dan inovasi serta pengaruhnya terhadap kinerja Pergunian Tinggi Swasta Program S I / D IV Ekonomi di Propinsi Jawa Tengah. Studi ini dilakukan pada Perguruan Tinggi Swasta Program S I/D IV Ekonomi di Propinsi Jawa Tengah, dengan respondennya adalah dosen yang menjabat struktural (Rektor, Pembantu Rektor I, Pembantu Rektor II, Pembntu Rektor III, serta Dekan, Pembantu Dekan I, Pembantu Dekan U, Pembantu Dekan III) Metode analisis yang digunakan adalah Confirmatory Factor Analysis dan Full model dari Structural Equation Model (SEM). Dalam SEM, hash! Komputasi untuk test signifikansi model dilakukan untuk mengukur Goodnes of Fit yaitu Chi- square, Goodnes of Fit Index ( GFI ), Adjusted Goodnes of Index ( AGR ), The Comparative fit Index ( EFI ), Root Means Square Error of Approxination ( RMSE4 ) dan Critical Ratio ( ER ). Hash! penelitian menunjukan bahwa model dalam penelitian ini sudah memenuhi kriteria Goodnes of fit dan memenuhi syarat Regression Weight (Chi square=38,620;Probability=0,195;CMIN=1,207;GF1=0,933;AGF1=0,885;TLI=0,968; CFI=0,977;RMSEA=0,046) berarti orientasi pasar akan mempunyai pengaruh yang positif terhadap kinerja Perguruan Tinggi Swasta S1 / D IV Ekonomi di Propinsi Jawa Tengah. Demikian juga inovasi akan berpengaruh positif terhadap kinerja Perguruan Tinggi Swasta program S I / D IV di Propinsi Jawa Tengah. The previous research shows that the market orientation is an activity accentuating in the competition oriented. customer oriented and the coordination among functions (Narver and Slater, 1990), and also Innovation is the coming thing in doing new ideas about process, products and services (Tompsons, 1965), and the innovation that is mean here, are sharing work, support, the participation in taking the decesion and the se improving. And work is a system that has relation to the out coming activity has gotten.Thus, the organization that accentuate in the market orientation will influence positively to the work (Narver and Slater, 1998). And the organization / company that has the innovation will influence positively to the work. This research is done to analize the market orientation and innovation, and also the influence to the S-1/D-IV programme in private University in Central Java Province. This study is done by the D IV/ S I program of the private university in central Java province, and the respondents are the structural lectures (Rector, Rector assiten I, Rector assisten II, Rector assisten III, The Dean, Dean assisten I, Dean assisten II, Dean assisten III); the amount of the respondens are 100 persons. The method that is used in this analysis confirmatory factor analysis n' full model (SEM). In SEM, the computerization result for the significant test is done to measure the goodness of fit those are chi-square. Goodness of fit index (CFI). Adjusted Goodness of Index (CFI), Root Mean Square Error of Approximation (RMSEA) and Critical Ratio (CR). The result show that the model in this research fulfil the Goodness of Fit Criteria and theRegression Weight requirement (Chi square=38,620; probability=0,195;CMIN=1,207;GF1=0,933;AGF1=0,885;TLI=0,968;CF1=0,977;RMSE A=0,046), it shows that the market orientation will influence positively to the work of S-1 / D-IV (Economic) programme of Private University in Central Java, and the innovation will influence postvely to the work of the S-1 / D-IV programme of Private University in Central Java.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 8950 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 21 Apr 2010 18:42 |
Last Modified: | 21 Apr 2010 18:42 |
Repository Staff Only: item control page