ANALISIS PENGARUH ATRIBUT DIFERENSIASI TERHADAP MINAT TAMU HOTEL MELIA PUROSANI YOGYAKARTA

FIRMANSYAH, FIRMANSYAH (2000) ANALISIS PENGARUH ATRIBUT DIFERENSIASI TERHADAP MINAT TAMU HOTEL MELIA PUROSANI YOGYAKARTA. Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .

[img]
Preview
PDF - Published Version
1881Kb

Abstract

Three approach of strategy potential will be successful to surpass the other company in industry is all over cost superiority, differentiation, and focus. Differentiation strategy will give satisfaction and loyalty for customer. So products differentiation can be said as creating different new products with distinctive feature and unique. In this research of product differentiation includes merk equipment's, quality and service, facility and price. The aim of this research is to analyse what differentiation equipment's are merk, quality and service, facility and the price influence guest interesting for spending the night and identifyng variables which influence guest interesting for spending the night in Melia Purosani Hotel Yogyakarta. This research was done in October 2000. The sample was used 100 respendents as Melia Purosani Hotel Yogyakarta consumer. Analysis method was used Confimatory Factor Analysis and Structural Equation Model of AMOS Program 4.0 . The result was showed by this research the fourth differentiation equipment's are merk , quality and service, facility and price influence significance to guest interesting for spending the night in Melia Purosani Hotel Yogyakarta Implication of managerial can take from this research is necessarily for consideration in arranging products design which is launching, remember from this research result that the fourth differentiation equipment are merk, quality,and service, facility and price influence guest interesting for spending the night. Implication of theory can be proposed that differentiation equipment's influence guest interesting for spending the night are merk, quality and service, facility and price are proven its significance. ABSTRAKSI Tiga pendekatan strategi yang secara potensial akan berhasil menggungguli perusahaan lain dalam industri yaitu: keunggulan biaya menyeluruh, diferensiasi, dan fobs. Strategi diferensiasi akan memberikan kepuasaan pada para pelanggan dan akan memberikan loyalitas. Diferensiasi produk juga dapat dikatakan sebagai penciptaan produk baru yang berbeda dengan mempunyai ciri kas dan keunikan. Dalam penelitian ini diferensiasi produk mencalcup atribut-atribut merk, kualitas dan pelayanan, fasilitas dan harga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah atribut-atribut diferensiasi yaitu merk, kualitas dan layanan, fasilitas dan harga mempengaruhi minat tamu menginap dan mengidentifikasi variabel-variabel diferensiasi yang mempengaruhi minat tamu menginap di hotel Melia Purosani Yogyakarta Penelitian ini dilalcukan di bulan Oktober 2000. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yang merupakan konsumen dad hotel Melia Purosani Yagyakarta. Metode analisis yang digunakan adalah Confirmatiry Factor Analysis dan Structure Equation Model dengan program AMOS 4.0. Hasil yang ditunjukkan dari penelitian ini adalah keempat dari atribut diferensiasi yaitu atribut merk, kualitas dan pelayanan, fasilitas dan harga berpengaruh signifikan terhadap minat tamu menginap di hotel Melia Purosani Yogyakarta. Implikasi manajerial yang dapat diambil dari penelitian ini adalah perlunya untuk dipertimbangkan dalam penyusunan disain produk yang akan diluncurkan , mengingat dari hasil penelitian ini bahwa keempat atribut diferensiasi yaitu merk, kualitas dan pelayanan, fasilitas dan harga mempengaruhi minat tamu menginap. Implikasi teoritis yang dapat diajukan bahwa atribut-atribut diferensiasi yang mempengaruhi minat tamu menginap adalah merk, kualitas dan layanan, fasilitas dan harga telah dibuktikan signifikansinya.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:8947
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:21 Apr 2010 18:36
Last Modified:21 Apr 2010 18:36

Repository Staff Only: item control page