Analisis Strategi Pemasaran PT Waringin Jati Di Semarang Dalam Pasar Kompetitif

Santoso, Eko (2000) Analisis Strategi Pemasaran PT Waringin Jati Di Semarang Dalam Pasar Kompetitif. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2280Kb

Abstract

Internship report tittled " Marketing Strategy Analisis of PT. Waringin Jati Semarang in competitive Market" is aimed to find out the dominant factors affecting company's perfomance and to evaluate either internal or external factors at company environment used by PT. Waringin Jati toward its competitor especially CV.S Agung at Semarang in marketing mixture including product, price, promotion and place (4p). One way to find out the company position toward its close competitor is by using SWOT evaluation manely stength, weakness, opportunities and threat. According to SWOT analysis, internal variable indicator which is the strength of PT. Waringin Jati toward competitor CV. S Agung are consumer loyality, managerial capability and experience, investment at market growth, good relationship with human resources while the weaknesses are the facility to get raw material, promotion cost, the capability to produce qualified product. consumer behavior understanding, research and marketing development,and distribution chanel. The opportunity includes entrance to new market, government regulation, demografi structure change, strong brand image and product variance development. The threats are the emerge of new competitor, new technology inovation, the change of consumer taste,the change of government politic and price competition. Through SWOT analysys of PT. Waringin Jati at speculation effort, market expantion can be considered so that there are strategy implication applied by PT. Waringin Jati in competition, the aspect such as the increasing target market, promotion, distribution channel and quality (product excellence) should be considered To face its competitor ( CV. S Agung ), PT. Waringin Jati hasn't done differentiation strategy optimally as market segment still focus on government, the apprehensive about giving low price and the weak implication of product positioning From the conclution above, we suggest PT. Waringin Jati to expand market segment, improve promotion and human resource add facility, maintain competitive but better qualified product than the competitor, hold market research and observation routinely ( per semester ) to measure, evaluate and figure out customer demand. Laporan Internship dengan judul " Analisis Strategi Pemasaran P.T. Waringin Jati di Semarang Dalam Pasar Kompetitif', bertujuan ingin mengetahui faktor-faktor dominan yang mempengaruhi kinerja perusahaan dan melakukan evaluasi pada faktor internal maupun eksternal dalam lingkungan perusahaan serta strategi yang digunakan oleh P.T. Waringin Jati terhadap pesaingnya khususnya C.V. S Agung di Semarang, dalam bauran pemasaran meliputi produk, harga, promosi, dan tempat (4p).Salah satu cara untuk mengetahui posisi perusahaan terhadap pesaing dekatnya dengan menggunakan evaluasi SWOT yaitu mengetahui kekuatan (strength), kelemahan (Weakness), peluang (opportunities) dan ancaman (threat). Berdasarkan analisis SWOT indikator variabel internal yang merupakan kekuatan perusahaan P.T. Waringin Jati terhadap pesaingnya C.V. S Agung adalah loyalitas konsumen, kemampuan manajerial dan pengalaman , investasi dalam pertumbuhan pasar, hubungan yang baik dengan SDM sedangkan yang menjadi kelemahan adalah kemudahan dalam memperoleh bahan baku ,biaya promosi, kemampuan menghasilkan produksi yang berkulitas, pemahaman perilaku konsumen, riset dan pengembangan pemasaran , saluran distribusi. Indikator variabel eksternal yang menjadi peluang terhadap pesaingnya adalah memasuki pasar barn, peraturan pemerintah, perubahan struktur demografi, citra merk yang kuat dan pengembangan variasi produk .selanjutnya sebagai ancaman perusahaan meliputi masuknya pesaing barn, inovasi teknologi barn, perubahan selera konsumen, perubahan politik pemerintah dan persaingan harga. Dengan pengkajian analisis SWOT P.T. Waringin Jati pada usaha spekulasi maka dapat dipertimbangkan perluasan pasar , sehingga ada implikasi strategi yang dapat diterapkan pemasaran P.T. Waringin Jati dalam bersaing perlu dipertimbangkan beberapa aspek antara lain aspek menambah pasar sasaran, aspek promosi, aspek saluran distribusi da aspek kwalitas (kehandalan produk). Dalam menghadapi pesaingnya (C.V. S Agung ), P.T. Waringin Jati strategi deferensiasi yang dilakukan belum optimal, segmentasi pasar masih berfokus pada pemerintah , harga yang diberikan belum berani memberikan harga yang lebih rendah, implementasi positioning produk masih lemah. Dan beberapa kesimpulan tersebut di atas , saran yang kami berikan kepada P.T. Waringin Jati antara lain perluasan segmen pasar, peningkatan promosi, peningkatan SDM, penambahan fasilitas, mempertahankan harga yang kompetitif tetapi kualitas lebih baik dan pesaingnya, mengadakan riset pasar dan penelitian secara rutin (persemester) untuk menilai, mengukur dan menafsirkan keinginan pelanggan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:8817
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:20 Apr 2010 16:13
Last Modified:27 Apr 2010 20:39

Repository Staff Only: item control page