Evaluasi Strategi Inkaso Untuk Meningkatkan Daya Saing : Studi Kasus Pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah 05 Semarang

Hartini , Hartini (2000) Evaluasi Strategi Inkaso Untuk Meningkatkan Daya Saing : Studi Kasus Pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah 05 Semarang. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
3850Kb

Abstract

ABSTRAKSI Pokok masalah penelitian ini iaiah mengevaluasi strategi inkaso untuk meningkatkan daya aaing di Bank BNI Se-Kantor Wilayah 05 Senmrang, mengingat empat tahun terakhir perkembangannya eendening menunm. Menurun dan segi pendapatan provisi inkaso, maupun nominal inkasonya. Disisi lain, pihak nasabah inenginginkan biaya provisi yang rendah, pelayanan cepat/prima. Penelitian ini beruijuan unftik mengevaluasi kembali strategi bisnis dengan penekanan pada pencapaian aktivitas produk inkaso dengan earn.: 1. Mengidentifikasi keinbali peluang, ancwnan , kekuatan dan kelemahan Bank BNI terhadap prothik inkaso. 2. Mengkaji danmenganalisastrategi prodük inkaso di Bank BNI 3. Merumuskan kembali strategi dalam meningkatkan pemasaran inkaso agar memiliki dayasaing dengan inkaso dan Bank swastanasional. Persaingannyamengenni lama. proses penyelesaian warkat inkaso, biaya provisi inkaso dan lain-lain. Data diperoleh dan intern Bank BN1. Data. primer diperoich langstmg melaiui daftar pertanyaan atau kuesioner yang ditqjukan kepada pihak yang terkait dengan obyek amatan yaitu penzirnpin cabang dan pemimpin hagian penunjang usaha pada briton Wilayah 05 Sernarang. Selain itujuga dilakukan research pada Bank pesaing dengan telpon mengenai informasi tentang lama, biaya. dan sarana yang digunakan untuk melnyam inkaso. iv Data sekunder dan Divisi Dalam Negeri 2 Bank BNI Jakart.a dan Kantor Wilayah 05 mengenal sasnn dan realigasi althvitajasajaca Bnk dan lain-lain. Model analisig yang digunakan dalam penelitian/pengainatnn inkuso mi vaitu: model manajemen strategi dengan prosedur anajisis terhadap masalah yang dibahas dengan urutan sebagai berikut: 1. Data kinerja aktivitas inkaso empat talatrn terakhir dievaluasi guna diketahui berbagai hal yang dianggp berkaitan e.rat dengan kinerja inkaso. 1 Analisis te-rhadap sfralegi yang be.rkaitan dengan sistem dan prosedur inkaso. 3. Analisis SWOT Bank BNI dan dihandingkan dengan bank pesaing. 4. Evaluasi terhadap strategi produk inkaso yang diterapkan aish Bank BNI dalam meningkatkan aktivitas transaksi inkaso. 5. Menimuskan ung strategi. Hagil penelitian ditenuikan bahwapangsa pasar inkaso Bank BNI periode 1995- 1998 terhadap total perbankan mengalami penurunan karena ternyata pada umumnya jasa perbankan termasuk inkaso masih bersifat mass products dan trailisional. Karyawan belum memberikan pelayanan yang baik sesuai dengan keinginan dan harapan pelnaggan. Strategi pemasaran inkaso belurn dilaksanakan secara terkoordinasi antar unit, pm-an masib erbatas pada segmen retail, segmen wholesale dan midle helum meuggunakan inkaso Bank BNI secarapenuh. Hasit observasi menunjukkan juga bahwa ada beberapa t’aktor yang rnenyebabkan leinahnya perkembangan pasar inkaso yaitu: lamanya proses ponyelesaian warkat, V inkaso, biaya provii, inkaso yang besar jika dibandingkan rata-rata biaya provisi inkaso bank pesaing, inkaso belum mempunyai atribut yazig spesifik serta sarana maupun dana promosi yang tersedia di unit operasional belum sebanding dengan sas&an yang akan dioapai. Coiperate image yang ditonjolkan Bank BNI, khusdsnya telab dimilikinya on-line system, VSAT, dan pelayanan prima hanya untuk tabungan (Taplus), belum menjamin pe’ngembarzgan inkaso kare.na inkaso belum dilakukan perubahan sesuth tuntutanpasar.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:8789
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:20 Apr 2010 13:11
Last Modified:20 Apr 2010 13:11

Repository Staff Only: item control page