Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kemampuan Mempertahankan Pelanggan Dalam Upaya Peningkatan Loyalitas Pelanggan : Pada Pasar Swalayan ADA Majapahit, Semarang

Sitorus, Jeffer Hawer (2001) Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kemampuan Mempertahankan Pelanggan Dalam Upaya Peningkatan Loyalitas Pelanggan : Pada Pasar Swalayan ADA Majapahit, Semarang. Masters thesis, Magister Manajemen.

[img]
Preview
PDF
2513Kb

Abstract

Abstrac 1 Supermarket is a retail business, where the customers are the key of success in this business. ADA Majapahit Superrnarket-Semarang was is established in the tight competition condition. As a retailer, ADA Majapahit Supermarket-Semarang has a duty to thlfill the customers needs, which consists of everyday needs (primary) and secondary needs, such as clothes, etc. The atmosphere of retailer competition is very tight, so it demands ADA Supermarket to apply the ability of maintaining the customers in order to increase the customer’s loyalty. Based on the problem background on this research, we develop the research gap, which become the set of problem in this research that is “How does the influence of customer value and service quality to ability of maintaining the customer in order to increase the customer loyalty?” To answer the research problem, a model has been developed of four dimension, those are: costumer’s value dimension, service quality dimension, customers maintenance dimension, and customers loyalty dimension; with three hypotheses, will be tried out. Analysis of data to 100 respondents of ADA Majapahit supermarket-Seniarang, is done by using structural equation modeling (5PM) at Amos 4.0 program The result of the analysis showed that all hypotheses could be proved, so it can be concluded that there is a relationship between customers maintenance ability with increasing the customers loyalty: the variable of customers value had positive influence to the ability of maintaining the customers, and the variable of service quality influences positively the ability of maintaining the custoniers, and the variable of maintain the customers has a positive influence to the increase of customers loyalty. ABSTRAKS II Pasar Swalayan merupakan suatu usaha di bidang bisnis eceran, di mana pelanggan merupakan kunci sukses usaha di bidang ini. Pasar Swalayan ADA Majapahit - Semarang didirikan di tengah kondisi persaingan yang sangat ketat. Sebagai pedagang eceran, Pasar Swalayan ADA Majapahit - Semarang bertugas memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan, yang terdiri dan kebutuhan sebarihan (pokok) juga kebutuhan sekunder pelanggan, seperti pakaian dan lain-lain. Suasana persaingan bisnis eceran yang sedeinikian ketatnya, nenuntut Pasar Swalayan ADA Majapahit — Sernarang menerapkan strategi meinpertahankan pelanggan dalam upaya peningkatan loyalitas pelanggan. Berdasarkan latar belakang •masalah dalam penelitian ini, maka dikembangkan research gap yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini, yaitu “Baoajmana pengaruh nilai pelanggan dan kualitas pelayanan terhadap kemampuan mempertahankan pelanggan dalam upaya peningkatan loyalitas pelanggan ?“. Guna menjawab permasalahan dalam penelitian ini, maka dikembangkanlah model penelitian yang terdiri dan empat dimensi, yaitu dimensi nilai pelanggan, dimensi kualitas pelayanan, dimensi mempenahankan pelanggan dan diniensi loyalitas pelanggani ; dengan tiga hipotesis yang akan diuji. Analisa data tehadap 100 responden Pasar Swalayan ADA Majapahit Semarang, dilakukan dengan menggunakan alat analisa Structural Equation Modeling (SEM) pada program Amos 4.0. Hash analisa data menunjukkan bahwa semua hipotesis dapat dibuktikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan mempertahankan pelanggan dengan peningkatan loyahitas pelanggan variabel nilai pelanggan meiniliki pengaruh terhadap kemampuan mempertahankan pelanggan secara positif, begitu juga variabel kualitas pelayanan mempenganihi secara positif terhadap kemampuan mempertahankan pelanggan, sedangkan variabel mempertahankan pelanggan meiniliki pengarub positif terhadap peningkatan loyalitas

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:8762
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:20 Apr 2010 12:27
Last Modified:20 Apr 2010 12:27

Repository Staff Only: item control page