Bachri, Basari (2000) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Perusahaan : Studi Kasus Pada Hotel Patra Jasa Semarang. Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .
| PDF - Published Version 1961Kb |
Abstract
Hotel Patra Jasa Semarang is the pioneer of four star hotel operating in one of the Indonesian business centres recently. Up to the middle of 1990s, Hotel Patra Jasa Semarang has been the leader of four star hotel service in Semarang. Formerly, the mission of this hotel is to provide hotel service for the staff and relations of PT. Pertamina. In the middle of 1990s, the competition among four star hotels was tighter and the condition was aggravated by the economic crisis in 1997 which directly resulted in the decrease of occupancy rate. Accordingly, the company is very concerned to achieve an optimal work. The measurement and the optimal Level of work is much determined by the stakeholders of the company. This research generally tends to give a guide and direction of strategic changing process on Hotel Patra Jasa Semarang in developing the new competition excellence. Specifically, the research aims to identify the strategic source factors, internal business process, and the satisfaction of Hotel Patra Jasa’s metrical analysis strategic advantage profile (SAP) for the valuation of the strategic source factors and for assessing the relationship of the business process with the company’s level of work. Additionally, a crossed tabuLar analysis is used for analyzing the customer’s satisfaction to know the existence of correlation pattern between the factors influencing the customer’s satisfaction over the company, by a tool called Chi-Square. ABSTRAK Hotel Patra Jasa Semarang merupakan pioneer hotel bintang empat yang beroperasi di salah satu sentra bisnis Indonesia saat ini. Sampai pertengahan 1990—an, Hotel Patra Jasa merupakan leader jasa perhotelan bintang empat di Smarang. Pada awalnya, inisi hotel ini adalah menyediakan jasa perhotelan bagi karyawan maupun relasi PT. Pertamina. Memasuki pertengahan 1990—an, persaingan hotel bintang empat semakin ketat dan kondisi ini diperburuk adanya krisis ekonomi pada tahun 1997 yang secara langsung telah menyebabkan penurunan tingkat hunian. Oleh karenanya, perusahaan sangat berkepentingan untuk mencapai kinerja optimal. Ukuran dan tingkat optimal kinerja sangat ditentukan oleh para stakeholder perusahaan. Penelitian ini secara umum bertujuan memberikan pedoman dan arahan proses perubahan strategik Hotel Patra Jasa Semarang dalam membangun keunggulan beraing baru. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor — faktor sumber daya strategik, proses bisnis intern dan kepuasan pelanggan Hotel Pàtra Jasa Semarang dan menguji pengaruh faktor — faktor sumber daya strategik, proses bisnis intern dan kepuasan pelanggan terhadap kinerja perusahaan. Metode analisis data memakai analisis matriks strategic advantage profile (SAP) untuk penilaian faktor — faktor sumber daya strategik, analisis model regresi untuk mengukur keterkaitan proses bisnis dengan tingkat kinerja perusahaan. Dan untuk analisis persepsi kepuasan pelanggan dipergunakan analisis tabulasi silang untuk mengetahui adanya pola hubungan antara faktor — faktor perusahaan terhadap kepuasan pelanggan. Dengan alatnya yaitu Chi — Square.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 8724 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 1 |
Deposited On: | 20 Apr 2010 10:02 |
Last Modified: | 20 Apr 2010 10:02 |
Repository Staff Only: item control page