Sikap Konsumen Dan Niat Beli Konsumen Terhadap Atribut - Atribut Produk Dan Kepercayaan Konsumen Asuransi Islam PT Asuransi Tafakul Keluarga Di Kotamadia Semarang

Istinimgsih, Ari Nugraheni (2000) Sikap Konsumen Dan Niat Beli Konsumen Terhadap Atribut - Atribut Produk Dan Kepercayaan Konsumen Asuransi Islam PT Asuransi Tafakul Keluarga Di Kotamadia Semarang. Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .

[img]
Preview
PDF - Published Version
2352Kb

Abstract

Dalam usaha untuk menyajikan suatu penulisan tesis tentang Sikap Konsumen dan Niat Bell Konsumen terhadap Atribut-atribut Produk dan Kepercayaan Konsurnen Asuransi Islam PT. Asuransi Takaful Keluarga di Kotamadia Semarang, pengolahan data hash penelitian di sini adalah dengan menggunakan analisis SEM (Structural Equation Model) melalui program SPSS dan AMOS. Permasalahan yang dibahas dalam tesis ini adalah tentang bagaimana sikap konsurnen terhadap atribut produk asuransi berpengaruh terhadap niat bell konsumen, dan b agai in ana aspek kepercayaan konsurn en terhadap asuransi berpengaruh terhadap niat bell. Dalam model yang dianalisis terdapat 5 (lima) hipotesa yang harus dianalisis berdasarkan Critical Value dan regression weights dengan berusaha untuk menolak hipotesa nol dan untuk menerima hipotesa alternatif. Penganalisaan terhadap data penelitian dilakukan sebagai upaya untuk mencari jawaban dan research problem tersebut tidak mernperlihatkan adanya kesesualan dengan model setelah dilakukan suatu treatment khusus, maka hipotesa-hipotesa tersebut tidak dapat diterima. Tesis ini berdasarkan ganis besar ditujukan untuk membuktikan pengaruh dan sikap konsumen terhadap niat bell konsumen yang dipengarLLhi oleh atribut produk dan kepercayaan konsumen. B erdasarkan penelitian ternyata atribut produk tidak terlalu berpengaruh besar terhadap niat bell tapi berpengaruh cukup besar pada sikap konsumen. Sedangkan aspek kepercayaan berpengaruh besar terhadap sikap dan niat beli konsumen asuransi. Jadi sebagai implementasi manajenialnya atribut produk yang khas perlu makin diinformasikan pada konsumen melalui kunjungan promosi yang terus dipergencar. Sedangkan kepercayaan terhadap asuransi dapat dic iptakan dengan ini eni ngkatkan penamp i lan dan kinenja para pemasar sesuai dengan image perusahaan dan deinikian juga dengan informasi yang transparans tentang produk dan sistem yang digunakan oleh perusahaan. ABSTRACT In order to propose a thesis that concern with Consumer’s Attitude and Will to Purchase Towards Attributes of The Products and Consumer Trust to PT. Asuransi Takaful Keluarga Islainic Insurance in Kotamadyp Semarang, we use 5PM (Structural Equation Modeling) analysis using SPSS and AMOS programs in processing data collected from the result of the study. The issue, which we discuss in this thesis, is about consumer’s attitude toward attributes of insurance product which influence consumer’s will to purchase and how consumer’s trust toward insurance gave impact to will to purchase. From the analytical model there are 5 (five) hypothesis which should be analyzed based on critical value of the regression weight and rejection to zero hypothesis and accepting alternative hypothesis. The analysis conducted in this research serve as an effort to find the answers for research problems which, in fact, shows appropriateness with the models after a particular treatment, despite all of hypothesis whether accepted or rejected. Thesis mostly addressed to evident the impact of consumer’s will to purchase, which is influenced by the attributes of products and consumers trust. According to the research it shows that, in fact, attributes of products did not bring much influence toward will to purchase but it influence consumer’s attitude greatly. Aspect of trust gave considerably high impact toward consumer’s attitude and will to purchase. Therefore, for managerial implication, the unique attribute of the product need to be more informed to consumers through more routine promotional visits with product introduction as its objective. However, giving sales performance that resembles firm image proportionally can create consumer’s trust to the insurance. Information about firm’s development should be conducted more transparent.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:8719
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:20 Apr 2010 09:03
Last Modified:20 Apr 2010 09:03

Repository Staff Only: item control page