Analisis Posisi Dan Penetapan Strategi Pada PT. Jaya Readymix Cabang Jawa Tengar dan. DIY.

Rahmat, Dodoh (1997) Analisis Posisi Dan Penetapan Strategi Pada PT. Jaya Readymix Cabang Jawa Tengar dan. DIY. Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .

[img]
Preview
PDF - Published Version
2489Kb

Abstract

ABSTRACT During the development of the country, concrete readyinix demand increases by 15 to 20% per annum. This increasing demand has encouraged the players in this business and has created the tight competition. In Central Java and Yogyakarta region there are six players in the concrete readyinix industry. PT. Jaya Readyinix as a pioneer in concrete readyinix industry in Indonesia, in 1997 has 46% market share, however, it has experienced difficulties in achieving sales target. The intention of this study is to analyse the company position and strategical decisions of PT. Jaya Readyinix Central Java and Yogyakarta branch office. Through this study, it is expected that good solutions can be identified to overcome company’s difficulties. The study was commenced in Central Java and Yogyakarta region, and the methodology used in this study was SWOT analysis with SAP and ETOP. This study has identified the internal and external factors which contribute to the success of PT. Jaya Readyinix in retaining their present position as a concrete ready— inix pioneer and market leader. This study shows that the conditions underwhich the company operated in the begining have changed rapidly. To maintain the successful operation now and in the future, it is necessary for PT. Jaya Readyinix management to take some corrective actions, otherwise it would loose their position as the market leader. Instead of using the competitor company names in presenting data in this report, it has been used Xl, X2, X3, X4 and X5. This is to ensure company conf identiality. In the conclusion section of the study, the various actions to be taken by PT. Jaya Readynix have been recommended. ABSTRAK Sejalan dengan laju pembangunan yang digalakkan oleh Pemerintali, kebutuhan akan beton untuk pembangunan prasarana iuenunjukkan kenaikan antara 15 s/a 20% pertahun. Perinintaan akan produk beton yang semakin han senakin meningkat, telah iuenimbulkan tuxnbuhnya beberapa perusahaan yang bergerak di bidang beton curah dan telah inenimbulkan persaingan yang cukup ketat. Di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istinewa Yogyakarta (Jateng dan DIY) ada enam perusahaan yang beroperasi dalam bisnis ini. PT. Jaya Readyinix sebagai pionir industri beton curah di Indonesia saat ini meiniliki pangsa pasar di Jawa Tengah dan Daerah Istiinewa Yogyakarta sebesar 46 % pada tahun 1997. Walaupun deinikian PT. Jaya Readyinix dan waktu ke waktu nerasakan kesulitan dalan inenenuhi target penjualan perusa— haan. Maksud dan penelitian ini adalah untuk nenganalisis posisi dan penetapan strategi PT. Jaya Readyinix Cabang Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Melalui penelitian ini diharapkan kesulitan tersebut dapat dianalisis dan didiagnosis sehingga terapi penanggulangannya dapat diketahui secara lebih pasti. Penelitian dilakukan di wilayah Jawa Tengah dan DIY, dan metode analisis yang digunakan adalah netoda SWOT dengari SAP dan ETOPnya. Penulis telah iuengidenti— fikasi faktor internal dan faktor e]csternal yang berpengaruh terhadap keberhasilan PT. Jaya Readyinix untuk inempertahankan eksistensinya sebagai pionir dan penimpin pasar beton curah. Paid hash analisis ter— nyata kondisi yang dihadapi pada saat awal beropera— sinya perusahaan sudah jauh berbeda dengan kondisi yang dihadapinya sekarang, sehingga untuk sukses saat ini dan di nasa yang akan datang, PT. Jaya Readyinix harus segera inelakukan latigkah—lahgkah perbaikan, bila tidak, pimpinan pasar akan segera beralih Ice perusa— haan lain. Didalan menyajikan data perusahaan pesaing, sengaja tidak secara jelas dicantunkan nama perusa— haanriya, akan tetapi digunakan kode Xl, X2, X3, X4 dan X5. Hal ini dalah untuk nenghornati kode etik rahasia perusahaan. Di bagian akhir tesis, direkomendasikan langkah— langkah yang sebaiknya diainbil oleh PT. Jaya Readynix.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:8681
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:19 Apr 2010 18:17
Last Modified:19 Apr 2010 18:17

Repository Staff Only: item control page