PELAKSANAAN PENGANGKUTAN PENUMPANG DAN BARANG DENGAN KERETA API DI INDONESIA

Mustikasari, Indiyati Diah (2007) PELAKSANAAN PENGANGKUTAN PENUMPANG DAN BARANG DENGAN KERETA API DI INDONESIA. Undergraduate thesis, Perpustakaan F.Hukun Undip.

[img]Microsoft Word
23Kb

Official URL: http://fh.undip.ac.id/perpus

Abstract

Kereta api sebagai salah satu sarana transportasi, merupakan pilihan yang utama untuk melaksanakan pengangkutan penumpang dan barang. Dalam pengangkutan dengan kereta api, terdapat kesediaan dari semua pihak untuk melaksanakan kewajibannya sesuai dengan perjanjian pengangkutan kereta api yang dibentuk oleh para pihak berdasarkan UU No. 13 Tahun . 1992 tentang Perkeretaapian. Penulisan Hukum ini disusun untuk mengetahui prosedur pelaksanaan pengangkutan dengan kereta api di Indonesia, juga untuk lebih mengetahui batas tanggung jawab serta hambatan-hambatan yang dialami PT. Kereta Api (Persero) dalam pelaksanaan pengangkutan dengan kereta api. Metode pendekatan yang dipergunakan adalah yuridis empiris dengan wilayah penelitian Propinsi Jawa Tengah berdasarkan purposif sampling, daerah penelitian adalah PT. Kereta Api (Persero) Daerah Operasi IV Semarang, dengan subjek penelitian adalah mereka yang terlibat dalam pelaksanaan pertanggungjawaban terhadap penumpang dan pemilik barang. Data primer dan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka dan wawancara, sehingga dapat diketahui bahwa hasil dari penelitian tersebut bahwa tujuan dari pengangkut adalah menyelenggarakan proses pemindahan suatu barang maupun orang dari satu tempat ke tempat yang di tuju dengan selamat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihak kereta api telah berusaha sebaik mungkin untuk menciptakan kenyamanan dalam pelaksanaan pengangkutan. Hal ini bisa dilihat dari peraturan yang telah ditetapkan, dikemas demi kenyamanan dan keselamatan semua pihak yang terkait. Pengangkutan dengan kereta api telah dilakukan dengan sangat baik, hanya saja kurang didukung dengan partisipasi masyarakat untuk menjaga pelaksanaan pengangkutan tersebut. Oleh karena itu, pihak kereta api harus bekerja lebih keras lagi untuk memberikan pelayanan yang semakin memuaskan bagi para pengguna jasa. Kata Kunci : Pengangkutan, kereta api

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:8607
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Apr 2010 12:24
Last Modified:15 Apr 2010 12:24

Repository Staff Only: item control page