Sawitri, Dian Ratna (2009) PRESENTASI KEPRIBADIAN CAPRES. Suara Merdeka . ISSN 0215-5125
| PDF - Published Version 19Kb |
Abstract
Keterpilihan Susilo Bambang Yudhoyono dalam pemilu presiden tahun 2004 seakan menjadi “fatwa” dimulainya suatu era baru dalam kampanye politik di Indonesia, era politik pencitraan. Kemenangan SBY yang pada waktu itu berpasangan dengan JK begitu fenomenal. Pasangan yang hanya didukung beberapa partai gurem tersebut berhasil mengalahkan kompetitor utamanya, calon incumbent sekaligus perpaduan antara partai besar pemenang pemilu 2004 dan organisasi keagamaan terbesar di tanah air. Sejak saat itu, semua elemen politik di negeri ini menyadari peran strategis media massa dalam mengkonstruksikan citra pemimpin dan memengaruhi opini publik. Kemunculan program talkshow politik di berbagai media serta maraknya lembaga survey dan konsultan politik menandai dimulainya era politik pencitraan. Tren kampanye politik telah kuasa mencipta ranah karier baru bagi para pakar statistik, pemasaran, komunikasi, ahli periklanan, serta psikolog, sosiolog dan banyak pakar ilmu terkait lainnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
ID Code: | 8596 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 15 Apr 2010 10:40 |
Last Modified: | 15 Apr 2010 10:40 |
Repository Staff Only: item control page