PELAKSANAAN PEMBINAAN BAGI ANAK DIDIK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK KUTOARJO

Ardiyanpraja, Rifqi (2009) PELAKSANAAN PEMBINAAN BAGI ANAK DIDIK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK KUTOARJO. Undergraduate thesis, Perpustakaan F.Hukun Undip.

[img]Microsoft Word
22Kb

Official URL: http://fh.undip.ac.id/perpus

Abstract

Kenakalan remaja ialah semua perbuatan yang dirumuskan dalam perundangundangan pidana dan perbuatan-perbuatan lainnya yang pada hakekatnya merugikan perkembangan si anak sendiri serta merugikan masyarakat. Sebabsebab timbulnya kenakalan remaja antara lain faktor yang berhubungan dengan keadaan sekelilingnya, antara lain karena keluarga yang retak, di terlantarkan orangtua, serta proses perubahan sosial sebagai akibat kemajuan industri dan urbanisasi. Anak yang melakukan tindak pidana akan di tempatkan di Lembaga Pemasyarakatan Anak, tujuan ditempatkan dalam lembaga ini adalah untuk menyediakan perawatan, perlindungan, pendidikan dan keahlian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembinaan Anak Didik di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutoarjo, Untuk mengetahui bagaimana seharusnya pembinaan Anak Didik di Lembaga Pemasyarakatan Anak. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis-sosiologis, yaitu disamping menggunakan kerangka pemikiran hukum dalam undang-undang, dipakai pula kerangka pemikiran non hukum yaitu ilmu-ilmu sosial, didukung pula dengan data empiris, yaitu terletak pada kenyataannya atau dalam prakteknya yaitu Pelaksanaan Pembinaan Anak Didik di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutoarjo sudah dilaksanakan dengan benar sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Sistem Pemasyarakatan di selenggarakan dalam rangka membentuk Warga Binaan Pemasyarakatan agar menjadi manusia seutuhnya, menyadari kesalahan, memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindak pidana, sehingga dapat diterima kembali oleh lingkungan masyarakat, dapat aktif berperan dalam pembangunan dan dapat hidup secara wajar sebagai warga yang baik dan bertanggung jawab. Pembinaan yang dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutoarjo antara lain pembinaan keagamaan dan budi pekerti, kesadaran berbangsa dan bernegara, pendidikan umum, kesegaran jasmani dan kesenian, pelayanan kesehatan dan latihan ketrampilan. Pembinaan Anak Didik merupakan semua usaha yang ditujukan untuk memperbaiki dan meningkatkan akhlak (budi pekerti) Anak Didik, memantapkan iman (ketahanan mental) mereka, membina agar mereka mampu berintegrasi secara wajar di dalam kehidupan kelompok selama dalam lembaga Pemasyarakatan anak dan kehidupan yang lebih luas (masyarakat) setelah menjalani pidananya. Kata Kunci : Pembinaan, Anak Didik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:8544
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Apr 2010 12:20
Last Modified:14 Apr 2010 12:20

Repository Staff Only: item control page