HUBUNGAN KUALITAS KEHIDUPAN SEKOLAH DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA SISWA SMA INTERNATIONAL ISLAMIC BOARDING SCHOOL REPUBLIC OF INDONESIA

Octyavera, Ruri Mega and Siswati, Siswati and Sawitri, Dian Ratna (2009) HUBUNGAN KUALITAS KEHIDUPAN SEKOLAH DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA SISWA SMA INTERNATIONAL ISLAMIC BOARDING SCHOOL REPUBLIC OF INDONESIA. Jurnal Psychoidea . ISSN 1693-1076

[img]
Preview
PDF - Published Version
58Kb

Abstract

Berkembang pesatnya dunia pendidikan di Indonesia dewasa ini telah membawa berbagai perubahan. Perubahan yang nyata adalah beragamnya jenis pendidikan yang menjanjikan keunggulan siswa. Keadaan ini harus dicermati oleh para orang tua, dikarenakan pendidikan yang berkualitas akan mempengaruhi kemampuan penyesuaian sosial siswa yang penting bagi keberhasilan di masa datang. Salah satu sekolah yang memberikan pendidikan secara komprehensif adalah jenis sekolah berkonsep asrama atau boarding school. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas kehidupan sekolah dangan penyesuaian sosial pada siswa SMA International Islamic Boarding School Republic of Indonesia (SMA IIBS). Subjek penelitian ini adalah 145 siswa SMA IIBS (84 laki-laki, 61 perempuan), yang diperoleh dengan simple random sampling. Data diperoleh dengan Skala Kualitas Kehidupan Sekolah (44 aitem, koefisien reliabilitas 0,941) dan Skala Penyesuaian Sosial (21 aitem, koefisien reliabilitas 0,824). Analisis regresi sederhana menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,556 (p<0,05). Sumbangan efektif dalam penelitian ini adalah sebesar 30,9%, artinya penyesuaian sosial pada siswa SMA IIBS dipengaruhi oleh kualitas kehidupan sekolah sebesar 30,9% dan sisanya 69,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Penyesuaian sosial pada rata-rata subjek penelitian berada dalam kategori tinggi, dan kualitas kehidupan sekolah pada rata-rata subjek penelitian berada dalam kategori tinggi.

Item Type:Article
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:8543
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Apr 2010 11:41
Last Modified:14 Apr 2010 11:41

Repository Staff Only: item control page