Pengambilan Keputusan Terhadap Pemilihan Supplier dengan Triangular Fuzzy Number (TFN) Pada Metode Fuzzy Analytic Hierarchy Process Dan Fuzzy TOPSIS

Nurpratiwi, Embun Rahmah (2023) Pengambilan Keputusan Terhadap Pemilihan Supplier dengan Triangular Fuzzy Number (TFN) Pada Metode Fuzzy Analytic Hierarchy Process Dan Fuzzy TOPSIS. Undergraduate thesis, UNDIP.

Full text not available from this repository.

Abstract

"Proses pengambilan keputusan pada Multi-criteria Decision Making (MCDM) umumnya merupakan bentuk pemilihan dari berbagai alternatif untuk menentukan alternatif yang bisa dipilih. Pada tugas akhir ini, metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan MCDM dalam pengambilan keputusan adalah metode Analytic Hierarchy Process (AHP) dan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) yang dimodifikasi dengan logika fuzzy menjadi Fuzzy Analytic Hierarchy Process (Fuzzy AHP) dan Fuzzy Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (Fuzzy TOPSIS). Tugas akhir ini bertujuan untuk mempelajari metode Fuzzy AHP dan Fuzzy TOPSIS dalam proses pengambilan keputusan pemilihan alternatif kriteria supplier dengan Triangular Fuzzy Number (TFN) pada PT. Wahana Jaya Samudera. Hasilnya adalah kedua metode memiliki peringkat alternatif yang hampir sama dengan CV Wijaya Teknik sebagai alternatif pertama, Semarang Jaya sebagai alternatif kedua, PD Prima Setia Bearing sebagai alternatif ketiga, Rafi Motor sebagai alternatif keempat, dan Jaya Selang sebagai alternatif kelima. Penerapan metode Fuzzy AHP dapat meningkatkan akurasi alternatif yang akan dievaluasi dan meningkatkan efisiensi proses evaluasinya. Sedangkan metode Fuzzy TOPSIS banyak digunakan untuk penyelesaian pendukung keputusan secara praktis, karena metode ini memiliki konsep bahwa alternatif yang dipilih adalah alternatif yang memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif. Kata kunci: MCDM, Fuzzy AHP, Fuzzy TOPSIS, TFN, Alternatif, Kriteria"

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
ID Code:85011
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Apr 2023 09:29
Last Modified:10 Apr 2023 09:29

Repository Staff Only: item control page