PENYELESAIAN MASALAH OPTIMASI LINGUISTIK MULTI OBJEKTIF DENGAN PERLUASAN METODE INFERENSI FUZZY TSUKAMOTO UNTUK EVALUASI KINERJA PERUSAHAAN

Azhby, Ihzany Tryvia (2023) PENYELESAIAN MASALAH OPTIMASI LINGUISTIK MULTI OBJEKTIF DENGAN PERLUASAN METODE INFERENSI FUZZY TSUKAMOTO UNTUK EVALUASI KINERJA PERUSAHAAN. Undergraduate thesis, UNDIP.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah optimasi linguistik multi objektif (MOLOP) merupakan salah satu masalah pengoptimalan dalam pengambilan keputusan dan pengembangan dari masalah pemrograman matematika fuzzy. MOLOP dapat diselesaikan dengan menggunakan aturan if-then pada sistem inferensi fuzzy. Setiap anteseden dan konsekuen dari aturan if-then direpresentasikan dengan nilai linguistik. Sistem inferensi fuzzy (FIS) yang digunakan adalah metode inferensi fuzzy Tsukamoto. Metode ini akan diperluas untuk menyelesaikan MOLOP dengan fungsi monoton ataupun non monoton. Hasil akhir dari perluasan metode berupa interval, bukan angka tegas. Fungsi tujuan dari MOLOP akan menggunakan fungsi keanggotaan segitiga dengan tiga tipe yang berbeda. Metode perluasan ini akan diaplikasikan untuk menentukan kinerja perusahaan retail PT. MAP Aktif Adiperkasa pada salah satu merek yaitu Smiggle. Penentuan kinerja perusahaan dibutuhkan untuk mempertahankan bisnis agar terhindar dari kerugian. Hasil akhir yang diperoleh untuk empat toko retail di Jogjakarta dan Semarang adalah kinerja grade A untuk KS66, grade B untuk KSC1, dan grade C untuk KSB5 dan KS09.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
ID Code:84996
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Mar 2023 11:09
Last Modified:30 Mar 2023 11:09

Repository Staff Only: item control page