PENYELESAIAN MASALAH OPTIMASI BIAYA TRANSPORTASI DISTRIBUSI BARANG MENGGUNAKAN METODE I-SOFT UNTUK MENENTUKAN SOLUSI FISIBEL AWAL DAN METODE MODA UNTUK MENENTUKAN SOLUSI OPTIMAL

Wijayanti, Noorita Mega (2023) PENYELESAIAN MASALAH OPTIMASI BIAYA TRANSPORTASI DISTRIBUSI BARANG MENGGUNAKAN METODE I-SOFT UNTUK MENENTUKAN SOLUSI FISIBEL AWAL DAN METODE MODA UNTUK MENENTUKAN SOLUSI OPTIMAL. Undergraduate thesis, UNDIP.

Full text not available from this repository.

Abstract

"Penelitian ini mengambil salah satu contoh masalah transportasi, yaitu masalah pendistribusian barang dari beberapa sumber ke beberapa tujuan dengan maksud untuk meminimumkan biaya pengiriman. Penyelesaian masalah transportasi umumnya melalui dua tahap, yaitu menemukan solusi fisibel awal dan dilanjutkan dengan menentukan solusi optimal. Pada tugas akhir ini, membahas Metode ISOFT (Improved SOFTMIN) yang merupakan bentuk perbaikan dari metode baru yang bernama SOFTMIN (Sum Of First Three minimum) sehingga menghasilkan solusi yang lebih baik untuk menemukan solusi fisibel awal pada masalah transportasi. Setelah mendapatkan solusi fisibel awal, dilanjutkan dengan menentukan solusi optimal menggunakan metode MODA (Modified Allocation Method) yang berangkat dari metode MODI (Modified Distribution Method). Penelitian ini dilakukan dengan cara membandingkan solusi dari metode I-SOFT, VAM, NWCM, LCM, MODI, dan MODA melalui sepuluh simulasi numerik masalah transportasi kasus seimbang dan tidak seimbang. Pada sepuluh simulasi numerik tersebut didapatkan hasil tingkat keoptimalan dari metode I-SOFT sebesar 95% - 100% dan metode MODA dapat menjadi alternatif metode dari metode MODI untuk mendapatkan solusi optimal."

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
ID Code:84993
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 Mar 2023 12:14
Last Modified:29 Mar 2023 12:14

Repository Staff Only: item control page