Analisis Perbandingan Peramalan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar (USD) Menggunakan Metode Hybrid ARIMA-LSTM dan Hybrid LSTM-ARIMA

Sukarman, Ayu Ning (2023) Analisis Perbandingan Peramalan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar (USD) Menggunakan Metode Hybrid ARIMA-LSTM dan Hybrid LSTM-ARIMA. Undergraduate thesis, UNDIP.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nilai tukar yang mengalami depresiasi dapat berdampak buruk terhadap perekonomian di suatu negara. Oleh karena itu, stabilitas nilai tukar rupiah terhadap mata uang lainnya mutlak diperlukan untuk menciptakan perekonomian yang kondusif. Salah satu upaya untuk mengatasi fluktuasi nilai tukar adalah dengan melakukan peramalan. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode hybrid ARIMA-LSTM dan hybrid LSTM-ARIMA untuk memodelkan pergerakan nilai tukar rupiah. Adapun data yang digunakan merupakan kurs jual rupiah terhadap dolar USD untuk periode Juni 2020 hingga September 2022. Berdasarkan hasil analisis menggunakan metode hybrid ARIMA-LSTM dan hybrid LSTM-ARIMA, diperoleh empat model diantaranya ARIMA(0,1,1)-LSTM, ARIMA(1,1,0)-LSTM, ARIMA(2,1,2)-LSTM dan LSTM-ARIMA(2,1,2). Dihasilkan bahwa perkiraan nilai tukar rupiah periode Oktober hingga Desember 2022 paling optimal saat menggunakan model hybrid ARIMA(1,1,0)-LSTM dengan MAPE sebesar 0,56%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics
ID Code:84964
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Mar 2023 14:06
Last Modified:07 Mar 2023 14:06

Repository Staff Only: item control page