STUDI LITERATUR FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN TENAGA KESEHATAN DI RUMAH SAKIT DALAM PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN COVID-19 DI INDONESIA

NUGRAHA, MUHAMMAD ADITYA (2023) STUDI LITERATUR FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN TENAGA KESEHATAN DI RUMAH SAKIT DALAM PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN COVID-19 DI INDONESIA. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
420Kb

Abstract

Rumah sakit adalah pusat perawatan pasien yang menderta Covid-19. Sudah ada 6.315.557 orang yang terjangkit Covid-19 di Indonesia sampai tanggal 22 Agustus 2022 dan sebagian besar dirawat di rumah sakit. Hal ini juga mempengaruhi kesehatan tenaga kesehatan di rumah sakit. Di Indonesia, dilaporkan sudah ada 1891 orang yang meninggal per 17 Agustus 2021 dikarenakan Covid-19. Hal ini menunjukkan perlunya peraturan mengenai pencegahan dan pengendalian Covid-19 di rumah sakit, tetapi hal ini tidak akan efektif bila tenaga kesehatan di rumah sakit tidak mematuhi peraturan pencegahan dan pengendalian Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan tenaga kesehatan di rumah sakit dalam pencegahan dan pengendalian infeksi Covid-19. Penelitian ini dilakukan sebagai literature review dengan metode simplified approach. Metode Simplified approach dilakukan dengan menyederhanakan temuan-temuan dari berbagai artikel dan mengumpulkannya menjadi satu artikel baru. 20 artikel digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas sistem protokol kesehatan dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan, ketersediaan dan kualitas fasilitas penunjang, serta hambatan-hambatan dalam aspek kepemimpinan, komunikasi, sumber daya manusia, kedisiplinan, dan kecemasan. Hal-hal tersebut mempengaruhi kepatuhan tenaga kesehatan dalam mematuhi protokol pencegahan dan pengendalian Covid-19. Rumah sakit perlu memastikan bahwa aturan-aturan yang ada tetap dipatuhi oleh tenaga kesehatan dan memastikan fasilitas seperti wastafel, hand sanitizer, apd, dan fasilitas pendukung lainnya untuk selalu tersedia dan dalam keadaan yang berkualitas. Kata Kunci: Tenaga kesehatan, kepatuhan, rumah sakit, Covid-19, protokol Covid-19, protokol kesehatan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:84899
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:31 Jan 2023 11:37
Last Modified:31 Jan 2023 11:37

Repository Staff Only: item control page