Penentuan Solusi Fisibel Awal Masalah Transportasi Bilangan Trapezoidal Fuzzy dengan Entire Contingency Cost Table (ECCT) dan Simpangan Baku

Maulina, Isnaini (2023) Penentuan Solusi Fisibel Awal Masalah Transportasi Bilangan Trapezoidal Fuzzy dengan Entire Contingency Cost Table (ECCT) dan Simpangan Baku. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img]
Preview
PDF
292Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1675Kb
[img]
Preview
PDF
145Kb

Abstract

Permasalahan transportasi merupakan salah satu hal penting bagi perusahaan. Salah satu tujuan permasalahan transportasi adalah untuk meminimumkan biaya yang dikeluarkan. Dalam masalah transportasi, biaya distribusi, jumlah permintaan, dan jumlah penawaran yang berupa bilangan fuzzy disebut dengan masalah transportasi fuzzy. Pada Tugas Akhir ini, bilangan fuzzy yang dipakai dalam masalah transportasi adalah bilangan trapezoidal fuzzy, baik masalah transportasi seimbang maupun tidak seimbang. Metode yang digunakan untuk mendapatkan solusi fisibel dari permasalahan transportasi bilangan trapezoidal fuzzy adalah metode Entire Contingency Cost Table (ECCT) dan Simpangan Baku. Bilangan trapezoidal fuzzy diubah ke bentuk tegas (crisp) dengan teknik Robust’s Ranking. Masing-masing elemen baris dan kolom dikurangi dengan elemen terkecil pada baris dan kolom yang bersesuaian. Entire Contingency Cost Table (ECCT) adalah jumlahan dari hasil pengurangan antara masing-masing elemen baris dengan maisng-masing elemen kolom. Selanjutnya menghitung pinalti dengan menggunakan simpangan baku pada masing-masing baris dan kolom. Berdasarkan simulasi numerik yang diberikan, metode Entire Contingency Cost Table (ECCT) dan Simpangan Baku menghasilkan biaya relatif lebih rendah dibandingkan dengan metode North West Corner, Least Cost, dan Vogel’s Approximation. Empat dari enam contoh numerik, solusi fisibel yang dihasilkan oleh metode Entire Contingency Cost Table (ECCT) dan Simpangan Baku merupakan solusi optimal ketika diuji keoptimalannya dengan Modified Distribution.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
ID Code:84894
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Jan 2023 17:26
Last Modified:26 Jan 2023 17:26

Repository Staff Only: item control page