OPTIMALISASI VEHICLE ROUTING PROBLEM MENGGUNAKAN METODE MATRIKS PENGHEMATAN (STUDI KASUS : DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA PEKALONGAN)

Viaranti, Riza (2023) OPTIMALISASI VEHICLE ROUTING PROBLEM MENGGUNAKAN METODE MATRIKS PENGHEMATAN (STUDI KASUS : DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA PEKALONGAN). Undergraduate thesis, UNDIP.

[img]
Preview
PDF
157Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

5Mb
[img]
Preview
PDF
690Kb

Abstract

Kota Pekalongan termasuk kota yang padat penduduk dengan meningkatnya jumlah penduduk pada Kota Pekalongan akan meningkatkan jumlah volume sampah di Kota Pekalongan. Dimana, berdasarkan data yang ada, dari seluruh sampah yang dihasilkan, hanya 88% sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA) sehingga perlu dilakukan pengoptimalan dalam pemilihan Rute pengangkutan sampah. Pada penelitian ini, dibahas tentang penentuan solusi rute pengangkutan menggunakan metode matriks penghematan. Hasil dari studi kasus yang dilakukan di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pekalongan diperoleh total jarak yang diterapkan DLH sebesar 81,85 Km dan setelah menggunakan metode matriks penghematan total jarak adalah 60,3 Km. Total jarak penghematan adalah sebesar 21,53 Km atau 26,31%. Total biaya bahan bakar yang dikeluarkan DLH adalah Rp133.353,- dan setelah dihitung menggunakan metode matriks penghematan diperoleh biaya bahan bakar sebesar Rp98.267,- sehingga diperoleh penghematan biaya sebesar Rp35.086,- atau 35,70% perhari. Berdasarkan hasil yang didapatkan menunjukan bahwa rute yang diperoleh menggunakan metode matriks penghematan menghasilkan rute dan biaya bahan bakar pengangkutan sampah yang lebih minimum.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
ID Code:84893
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Jan 2023 12:39
Last Modified:26 Jan 2023 12:39

Repository Staff Only: item control page