MONALISHA’S APPROXIMATION METHOD (MAM’S) PADA MASALAH TRANSPORTASI FUZZY DENGAN BILANGAN TRIANGULAR INTUITIONISTIC FUZZY

Rizky, Popy Amilia (2022) MONALISHA’S APPROXIMATION METHOD (MAM’S) PADA MASALAH TRANSPORTASI FUZZY DENGAN BILANGAN TRIANGULAR INTUITIONISTIC FUZZY. Undergraduate thesis, UNDIP.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah transportasi merupakan masalah pengiriman suatu jenis barang dari beberapa sumber ke beberapa tempat tujuan. Pada masalah transportasi fuzzy , jumlah sumber daya dan jumlah aktivitasnya belum diketahui secara pasti sehingga menggunakan bilangan triangular intuitionistic fuzzy yang ditegaskan dengan fungsi akurasi. Dalam Tugas Akhir ini dibahas mengenai penyelesaian masalah transportasi fuzzy seimbang dan tidak seimbang menggunakan metode Monalisha Approximation (MAM’S). Langkah yang digunakan dalam metode tersebut adalah mereduksi baris dan kolom, mencari nilai pinalti dari setiap baris dan kolom, dan sel alokasi dipilih dengan cara menentukan nilai pinalti terbesar sampai diperoleh hasil yang optimal. Solusi yang diperoleh dari penyelesaian masalah transportasi fuzzy menggunakan metode MAM’S adalah solusi optimal. Untuk mendapatkan efisiensi dalam menyelesaikan masalah transportasi fuzzy , maka metode MAM’S akan dibandingkan dengan metode Zero Point. Berdasarkan simulasi numerik pada masalah transportasi intuitionistic fuzzy , hasil perhitungan kedua metode tersebut sama. Namun dalam hal efisiensinya , langkah penyelesaian metode MAM’S lebih sederhana.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
ID Code:84863
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Dec 2022 09:43
Last Modified:21 Dec 2022 09:43

Repository Staff Only: item control page