Penentuan Solusi Optimal Masalah Transportasi Multi Objektif Bentuk Interval Menggunakan Average Opportunity Cost Method

Alhaj, Muhammad Reza (2022) Penentuan Solusi Optimal Masalah Transportasi Multi Objektif Bentuk Interval Menggunakan Average Opportunity Cost Method. Undergraduate thesis, UNDIP.

Full text not available from this repository.

Abstract

Distribusi barang dari berbagai sumber ke berbagai tujuan merupakan suatu masalah transportasi yang sering dihadapi oleh berbagai industri. Masalah transportasi dapat diselesaikan dengan metode transportasi dimana pada penelitian ini digunakan Average Opportunity Cost Method (AOCM) untuk dilakukan simulasi numerik dari data yang diperoleh dari perusahaan bernama A3 Textile sebagai penyedia bahan mentah pembuatan celana. Pada penelitian ini dibangun masalah transportasi dengan multi tujuan, serta parameter yang digunakan berbentuk interval dikarenakan terdapat ketidakpastian dalam suatu pengukuran terhadap berbagai parameter seperti biaya transportasi, keuntungan transportasi dan parameter lainnya. Pengoperasian AOCM dalam masalah transportasi multi tujuan bentuk interval dimulai dengan memahami dahulu mengenai interval dan dilanjutkan dengan memformulasikan masalah yang ada ke bentuk matematika dan dilanjutkan dengan algoritma AOCM. Simulasi numerik pada penelitian ini menghasilkan solusi optimal yaitu biaya transportasi minimal pada A3 Textile berkisar pada Rp763.000,00, keuntungan maksimal berkisar pada Rp285.000,00, dan biaya perawatan minimal berkisar pada Rp193.000,00. Metode AOCM terbukti menghasilkan solusi optimal dalam menyelesaikan masalah transportasi multi objektif bentuk interval setelah dilakukan uji optimasi menggunakan metode MODI untuk interval.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics
ID Code:84853
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Dec 2022 11:45
Last Modified:14 Dec 2022 11:45

Repository Staff Only: item control page