Penerapan Logika Fuzzy Metode Mamdani untuk Menentukan Kualitas Air Laut untuk Perikanan Budidaya Keramba Jaring Apung (KJA)

Nisaa, Shinta Afwa (2022) Penerapan Logika Fuzzy Metode Mamdani untuk Menentukan Kualitas Air Laut untuk Perikanan Budidaya Keramba Jaring Apung (KJA). Undergraduate thesis, UNDIP.

[img]
Preview
PDF
492Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

870Kb
[img]
Preview
PDF
90Kb

Abstract

Logika fuzzy merupakan bentuk mekanisme perhitungan yang menggunakan kemampuan manusia dalam membuat keputusan rasional dalam permasalahan yang penuh ketidakpastian. Penelitian ini menggunakan logika fuzzy untuk memperhitungkan kualitas air laut sebagai pendukung keputusan dalam menentukan lokasi yang sesuai untuk budi daya ikan. Penggunaan logika fuzzy yang dikembangkan dari cara berpikir manusia dapat memudahkan pemecahan masalah yang kompleks tanpa persamaan atau pertidaksamaan matematika yang kompleks. Metode yang digunakan dalam inferensi fuzzy yautu metode mamdani kemudian dilakukan juga perhitungan dengan bantuan matlab sebagai perbandingan hasil perhitungan. Metode mamdani dipilih karena paling sesuai dengan jenis data apapun, monoton dan tidak monoton. Penilaian kualitas air laut dalam penelitian ini diperhatikan dari parameter pH, turbiditas, dan DO. Data diambil dari empat lokasi perairan laut yang berada di Kepulauan Karimunjawa, yaitu mangrove, KJABB-IMTA, monokultur, dan keramba tradisional, dengan tiga titik (stasiun) di setiap lokasi. Analisis data yang dihasilkan menunjukkan nilai kualitas air di wilayah KJABB-IMTA dan monokultur memiliki kualitas air paling sesuai untuk budi daya ikan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics
ID Code:84755
Deposited By:Admin Departemen Matematika
Deposited On:24 Sep 2022 07:20
Last Modified:24 Sep 2022 07:20

Repository Staff Only: item control page