Hubungan Paparan Instagram terkait Minuman Berpemanis dengan Respon dan Konsumsi Minuman Berpemanis pada Mahasiswa Non-Kesehatan

Pramudita, Ajeng and Fithra Dieny, Fillah and Sandi Wijayanti, Hartanti and Probosari, Enny Hubungan Paparan Instagram terkait Minuman Berpemanis dengan Respon dan Konsumsi Minuman Berpemanis pada Mahasiswa Non-Kesehatan. - . (Unpublished)

[img]
Preview
PDF
154Kb

Abstract

Latar belakang: Tingkat konsumsi minuman berpemanis di Indonesia cukup tinggi. Paparan Instagram dapat berpengaruh terhadap konsumsi minuman berpemanis dengan memunculkan isyarat makan dan berpengaruh meningkatkan konsumsi individu. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan paparan Instagram terkait minuman berpemanis dengan respon dan konsumsi minuman berpemanis. Metode: Penelitian cross-sectional dilakukan pada 109 mahasiswa non-kesehatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling. Pengambilan data karakteristik subjek, respon afektif, dan respon perilaku diperoleh melalui kuesioner dalam bentuk Google Fomulir. Data paparan Instagram dan asupan minuman berpemanis diperoleh melalui kuesioner paparan Instagram dan Semi Quantitative-Food Frequency Questionnaire (SQ-FFQ) dengan wawancara menggunakan media Microsoft Teams/Google Meet/WhatsApp. Analisis data menggunakan korelasi Spearman dan regresi logistik. Hasil: Frekuensi paparan Instagram berhubungan dengan respon afektif terhadap paparan (p=0,003). Durasi paparan Instagram berhubungan dengan respon afektif (p<0,001) dan respon perilaku terhadap paparan (p=0,004). Jumlah akun berhubungan dengan frekuensi konsumsi minuman berpemanis yang ditambahkan gula manual oleh penjual di kedai/warung (p=0,006). Regresi logistik menunjukan durasi paparan berhubungan dengan respon afektif (p=0,014) dan minuman berpemanis yang ditambahkan gula manual oleh subjek di rumah (p=0,036) sedangkan jumlah akun tidak berhubungan dengan frekuensi konsumsi minuman berpemanis yang ditambahkan gula manual oleh penjual di kedai/warung setelah dikontrol dengan durasi tidur dan pendapatan. Simpulan:. Durasi paparan Instagram berhubungan dengan respon afektif dan konsumsi minuman berpemanis yang ditambahkan gula manual oleh subjek di rumah. Kata kunci: Minuman berpemanis, paparan, media sosial, Instagram

Item Type:Article
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:84750
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Sep 2022 15:15
Last Modified:23 Sep 2022 15:15

Repository Staff Only: item control page