Kadar Fenol, Flavonoid, Aktivitas Antioksidan Dari Ekstrak Wortel (Daucus carota), Jahe (Zingiber officinale Rosc) dan Kayu Secang (Caesalpinia sappan L).

Aprilia, Putri and Ayustaningwarno, Fitriyono and Widyastuti, Nurmasari and Anjani, Gemala Kadar Fenol, Flavonoid, Aktivitas Antioksidan Dari Ekstrak Wortel (Daucus carota), Jahe (Zingiber officinale Rosc) dan Kayu Secang (Caesalpinia sappan L). - . (Unpublished)

[img]
Preview
PDF
113Kb

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang : Wortel, jahe dan kayu secang merupakan beberapa tumbuhan yang memiliki kandungan antioksidan. Antioksidan memiliki peran mempertahankan sistem imun, terutama pada anak-anak yang memiliki sistem imun yang rentan. Fenol dan flavonoid merupakan senyawa yang memiliki sifat sebagai antioksidan dan dapat ditemukan dibeberapa tumbuhan, seperti wortel, jahe dan kayu secang. Tujuan : Menganalisis kadar senyawa fenol, flavonoid dan aktivitas antioksidan dari berbagai formulasi ekstrak wortel, jahe dan kayu secang. Metode : Ekstrasi wortel dan jahe dilakukan denga metode slow juicer dan ekstraksi kayu secang dengan metode penyeduhan dengan aquades 70°C. Kadar fenol ditentukan dengan metode Folin-Ciocalteu, kadar flavonoid dengan metode pereaksi AlCl3 dan persen inhibisi menggunakan metode penangkapan radikal bebas DPPH. Absorbansi diukur dengan spektrofotometri UV-Vis. Hasil : Ekstrak wortel 50% dan ekstrak jahe 50% (A3) menunjukkan kadar fenol dan flavonoid tertinggi yaitu 471,42 mg/mL dan 369,10 mg/mL. Persen inhibisi tertinggi ditunjukkan pada ekstrak jahe 60% dan ekstrak kayu secang 40% (W1) yaitu sebesar 68,29%. Kesimpulan : Adanya pengaruh yang signifikan dari formulasi yang dibuat terhadap kadar fenol, flavonoid dan aktivitas antioksidan (p<0,05). Kata kunci : Wortel, Jahe, Kayu Secang, Fenol, Flavonoid, % inhibisi, antioksidan

Item Type:Article
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:84746
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Sep 2022 14:51
Last Modified:23 Sep 2022 14:51

Repository Staff Only: item control page