Pengaruh Media Audio-visual dan Permainan Edukatif Secara Online Terhadap Pengetahuan dan Sikap Dalam Penggunaan Label Gizi Jajanan Kemasan Industri Pada Remaja

Mevya Putri, Adinda and Ratna Noer, Etika and Yudi Fitranti, Deny Pengaruh Media Audio-visual dan Permainan Edukatif Secara Online Terhadap Pengetahuan dan Sikap Dalam Penggunaan Label Gizi Jajanan Kemasan Industri Pada Remaja. - . (Unpublished)

[img]
Preview
PDF
31Kb

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang: Penyakit tidak menular dapat dihindari apabila remaja mempunyai ilmu pengetahuan dan sikap yang cukup tentang label gizi dengan memberikan edukasi menggunakan media yang menarik. Tujuan: Menganalisis pengaruh media audio-visual dan permainan edukatif secara online terhadap pengetahuan dan sikap dalam penggunaan label gizi makanan jajanan kemasan industri pada remaja. Metode: Jenis penelitian quasi experimental dengan rancangan pre-test and post-test with control group design. Subjek penelitian remaja berjumlah 54 orang, setiap kelompok terdiri dari 27 responden yang diambil menggunakan metode simple random sampling. Kelompok perlakuan mendapat edukasi melalui media audio-visual dan permainan edukatif secara online dilakukan satu kali seminggu selama satu bulan sedangkan kelompok kontrol dengan leaflet secara online dilakukan satu kali seminggu selama dua minggu. Instrumen penelitian ini adalah angket pre-test dan post-test. Analisis statistik menggunakan uji Mann-Whitney dan Wilcoxon. Hasil: Tidak terdapat perbedaan perubahan pengetahuan label gizi antara kelompok perlakuan dan kontrol menggunakan uji Mann-Whitney (p=0,262). Tidak terdapat perbedaan perubahan sikap dalam penggunaan label gizi antara kelompok perlakuan dan kontrol menggunakan uji Mann-Whitney (p=0,761). Rerata perubahan pengetahuan label gizi pada kelompok perlakuan lebih besar dibandingkan kelompok kontrol. Rerata perubahan sikap dalam penggunaan label gizi pada kelompok kontrol lebih besar dibandingkan kelompok perlakuan. Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan perubahan pengetahuan label gizi dan perubahan sikap dalam penggunaan label gizi antara kelompok perlakuan dan kontrol yang artinya tidak ada pengaruh edukasi gizi dengan media audio-visual dan permainan edukatif terhadap pengetahuan dan sikap dalam penggunaan label gizi makanan jajanan kemasan industri pada remaja. Kata Kunci: Remaja, Pengetahuan, Sikap, Edukasi, Label Gizi

Item Type:Article
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:84650
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Aug 2022 17:03
Last Modified:15 Aug 2022 17:03

Repository Staff Only: item control page