PREEMPTIVE WEIGHTED GOAL PROGRAMMING UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN MASALAH TRANSPORTASI

Amanullah, Muhammad Syahrul Fattah (2022) PREEMPTIVE WEIGHTED GOAL PROGRAMMING UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN MASALAH TRANSPORTASI. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img]
Preview
PDF
142Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

784Kb
[img]
Preview
PDF
106Kb

Abstract

Perencanaan transportasi memiliki perananan penting untuk pendistribusian suatu perusahaan. Penyusunan perencanaan transportasi pada penelitian ini memiliki banyak tujuan, dimana tujuan yang ingin dicapai adalah mempertimbangkan kapasitas gudang, batas persediaan krisis, permintaan maksimal dari setiap tujuan, permintaan minimal dari setiap tujuan, dan biaya transportasi. Dalam hal ini, akan dilakukan penelitian pada A3 Textile terkait pendistribusian bahan baku agar diperoleh biaya transportasi yang minimum. A3 Textile merupakan usaha menengah yang bergerak di bidang textile bahan baku pembuatan celana. A3 Textile memiliki tujuan untuk memenuhi permintaan setiap tujuan dan juga harus mempertimbangkan beberapa prioritas perusahaan supaya meminimalkan biaya transportasi sekaligus keuntungan yang dihasilkan maksimal. Pada penelitian ini, penyelesaian masalah tersebut diselesaikan dengan menggunakan metode Preemptive Weight Goal Programming yang mana metode ini dapat menyelesaikan masalah multiobjective tidak seperti pada program linier. Metode Preemptive Weight Goal Programming digunakan untuk meminimalkan biaya transportasi pada A3 Textile dan mengetahui pendistribusian yang optimal. Hasil dari penelitian ini diperoleh solusi optimal yaitu pendistribusian dari gudang 1 ke gudang 1 sejumlah 40 rol, gudang 1 ke tujuan 2 sejumlah 360 rol, untuk gudang 1 ke tujuan 3 sejumlah 220 hingga 440 rol, dan pendistribusian dari gudang 2 ke tujuan 1 sejumlah 400 rol, gudang 2 ke tujuan 2 sejumlah 260 hingga 300 rol, gudang 2 ke tujuan 3 sejumlah 220 hingga 440. Tersisanya bahan baku setiap gudangnya sebesar 1.418 rol, batas krisis persediaan gudang kebijakan pabrik dan hasil optimal dari perhitungan sudah sesuai, permintaan maksimal tujuan 1 dan tujuan 2 masing-masing terdapat kelebihan sejumlah 190 rol dan 70 rol, permintaan minimal tujuan 1 sampai tujuan 3 masing-masing terdapat kelebihan sejumlah 210 rol, 70 rol, dan 110 rol, biaya transportasi batas krisis persediaan gudang kebijakan pabrik dan hasil optimal dari perhitungan sudah sesuai, dan biaya transportasi yang optimal Rp.120.000.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
ID Code:84607
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Aug 2022 06:52
Last Modified:10 Aug 2022 06:52

Repository Staff Only: item control page