Model Economic Order Quantity untuk Produk Perishable dengan Masa Kadaluarsa, Emisi Karbon dan Permintaan Sensitif terhadap Harga Jual

Fakiroh, Awalina Zakiyatul (2022) Model Economic Order Quantity untuk Produk Perishable dengan Masa Kadaluarsa, Emisi Karbon dan Permintaan Sensitif terhadap Harga Jual. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img]
Preview
PDF
719Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1087Kb
[img]
Preview
PDF
257Kb

Abstract

" Manajemen persediaan sangat dibutuhkan oleh suatu perusahaan untuk menjamin ketersediaan produk. Pengurangan persediaan akibat pembusukan tidak dapat diabaikan karena dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Selain itu kebijakan baru mengenai pajak karbon oleh pemerintah juga menjadi salah satu aspek yang perlu dipertimbangkan. Dalam Tugas Akhir ini dibahas mengenai formulasi model Economic Order Quantity (EOQ) untuk produk perishable dengan masa kadaluarsa, emisi karbon, dan permintaan sensitif terhadap harga jual yang disertai simulasi numerik yang berupa studi kasus di Toko Tri Frozen Kaliwungu. Berdasarkan hasil perhitungan studi kasus didapat total keuntungan sebanyak 3 kali lipat dibandingkan dengan kebijakan toko serta dapat mengurangi besarnya emisi karbon yang dikeluarkan sampai lebih dari 90%. Analisis sensitivitas juga dilakukan untuk mengetahui parameter yang sensitif terhadap model. "

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
ID Code:84603
Deposited By:Admin Departemen Matematika
Deposited On:08 Aug 2022 08:57
Last Modified:08 Aug 2022 08:57

Repository Staff Only: item control page