Penyelesaian Permasalahan FMCDM (Fuzzy Multi Criteria Decision Making) dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting) dan Relative Preference Relation

Sari, P. Puspita (2022) Penyelesaian Permasalahan FMCDM (Fuzzy Multi Criteria Decision Making) dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting) dan Relative Preference Relation. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
473Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1710Kb
[img]
Preview
PDF
316Kb

Abstract

"ABSTRAK Pemberian promosi jabatan merupakan bentuk penghargaan yang dapat diberikan perusahaan kepada karyawan. Hal ini juga dapat memberikan motivasi karyawan untuk meingkatkan kinerjanya. Permasalahan pemilihan karyawan yang memperoleh promosi jabatan termasuk kepada permasalahan pengambilan keputusan multikriteria. Metode yang sesuai diperlukan apabila kriteria yang digunakan sebagai evaluasi mengandung ketidakpastian. Pada tugas akhir ini dibahas kombinasi metode SAW (Simple Additive Weighting) dan relative preference relation. Metode SAW digunakan dalam proses normalisasi matriks keputusan sehingga membentuk matriks ternormalisasi. Teori relative preference relation digunakan untuk menghitung relative preference normalisasi matriks terhadap rata-rata normalisasi dan untuk menentukan peringkat alternatif. Studi kasus diterapkan pada sebuah perusahaan dengan menyeleksi tujuh karyawan yang akan mendapatkan promosi jabatan. Ketujuh karyawan tersebut dinotasikan sebagai A_1,〖 A〗_2,A_3,A_4,A_5,A_6 dan A_7. Kriteria yang digunakan untuk menyeleksi yaitu pendidikan terakhir, senioritas, pelatihan yang pernah diikuti dan aplikasinya, serta hasil penilaian kinerja. Hasil akhir menunjukkan bahwa A_3 terpilih sebagai karyawan yang memperoleh promosi jabatan dengan indeks evaluasi 0,788. "

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
ID Code:84602
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Aug 2022 08:57
Last Modified:08 Aug 2022 08:57

Repository Staff Only: item control page