Model Joint Economic Lot-Size untuk Kasus Single Vendor - Single Buyer dengan Mempertimbangkan Moda Transportasi pada Proses Pengiriman Barang

Firliana Detrianti, Fidia (2022) Model Joint Economic Lot-Size untuk Kasus Single Vendor - Single Buyer dengan Mempertimbangkan Moda Transportasi pada Proses Pengiriman Barang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]PDF (Content)
Restricted to Repository staff only

1130Kb
[img]
Preview
PDF (Introduction)
743Kb
[img]
Preview
PDF (Bibliography)
320Kb

Abstract

Dalam pelaksanaan usaha manufaktur, kedua pihak yang terlibat kerja sama sering kali bekerja secara independen untuk menentukan kebijakan ekonomis yang tepat. Hal ini dapat menimbulkan pengambilan kebijakan yang bias dalam upaya pengendalian persediaan barang. Model Joint Economic Lot-Size merupakan model manajemen terintegrasi antara vendor dan buyer. Dengan menggabungkan fungsi biaya logistik dengan dua jenis pengiriman: Truck-Load (TL) dan Less-than-Truck-Load (LTL), model ini dapat digunakan untuk menentukan kebijakan ekonomis berdasarkan empat aspek: jumlah pemesanan, jumlah pengiriman, kuantitas batch produksi, dan biaya total secara optimal. Selanjutnya, pengembangan model Joint Economic Lot-Size Order-Splitting (JELS-O) dapat memberikan solusi yang lebih optimal dengan menggabungkan biaya variabel logistik dari dua jenis pengiriman tersebut. Simulasi numerik yang diberikan menunjukkan bahwa jumlah pemesanan JELS-TL lebih besar dibandingkan jumlah pemesanan JELS-LTL, sebaliknya jumlah pengiriman JELS-TL lebih sedikit dibandingkan jumlah pengiriman JELS-LTL dengan biaya total yang dikeluarkan pada JELS-TL lebih besar dibandingkan JELS-LTL. model JELS-O dapat mencapai hasil yang lebih optimal apabila nilai jumlah pemesanan terletak diantara jumlah pemesanan JELS-LTL dan JELS-TL dengan jumlah pengiriman sama dengan jumlah pengiriman JELS-LTL.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
ID Code:84418
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 Jun 2022 09:55
Last Modified:29 Jun 2022 09:55

Repository Staff Only: item control page