MASALAH TRANSPORTASI FUZZY MULTI-OBJECTIVE DENGAN BILANGAN TRIANGULAR INTERVAL-VALUED FUZZY MENGGUNAKAN METODE MAXIMUM NET SAVING (MNS)

Androgini Titisgati, Ednita (2018) MASALAH TRANSPORTASI FUZZY MULTI-OBJECTIVE DENGAN BILANGAN TRIANGULAR INTERVAL-VALUED FUZZY MENGGUNAKAN METODE MAXIMUM NET SAVING (MNS). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (Introduction)
590Kb
[img]PDF (Content)
Restricted to Repository staff only

4031Kb
[img]
Preview
PDF (Bibliography)
367Kb

Abstract

Masalah transportasi fuzzy multi-objective merupakan masalah transportasi yang berkaitan dengan pendistribusian suatu barang (satu jenis) dari sumber yang menyediakan barang ke tempat yang membutuhkan barang-barang tersebut, dengan memiliki lebih dari satu fungsi tujuan dan parameter – parameter, seperti biaya transportasi, biaya perawatan kendaraan, persediaan dan permintaan adalah bilangan fuzzy. Dalam menyelesaikan masalah transportasi fuzzy multi-objective, parameter bilangan triangular interval-valued fuzzy diubah menjadi bilangan crisp menggunakan fungsi peringkat jarak (ranking signed-distance function). Salah satu kelebihan bilangan interval-valued fuzzy dibandingkan dengan bilangan fuzzy yang lama (bilangan segitiga fuzzy) adalah bilangan ini dapat menyatakan ketidakjelasan dengan lebih tepat, yaitu dalam bentuk interval. Penyelesaiaan masalah transportasi fuzzy multi-objective menggunakan metode Sum of Objective untuk menjadikan masalah transportasi multi objective menjadi masalah transportasi single objective, yang kemudiaan diselesaikan dengan menggunakan metode Maximum Net Saving (MNS), metode Vogel’s Approximation Method (VAM), metode Least Cost, metode North West Cost. Berdasarkan studi kasus di Perusahaan Distributor Es Balok “LMY”, bilangan triangular interval-valued fuzzy sangat baik untuk diterapkan dalam penyelesaiannya dan metode Maximum Net Saving (MNS) dan metode Vogel’s Approximation Method (VAM) memiliki hasil yang lebih optimum, dibanding metode lainnya. Kata Kunci : Masalah transportasi fuzzy multi-objective, bilangan triangular interval-valued fuzzy, fungsi peringkat jarak (ranking signeddistance function), metode Maximum Net Saving (MNS).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
ID Code:84361
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:16 Jun 2022 09:53
Last Modified:16 Jun 2022 09:53

Repository Staff Only: item control page