ANALISIS CADANGAN PREMI DENGAN METODE ILLINOIS UNTUK ASURANSI JIWA GABUNGAN ENDOWMENT BERDASARKAN HUKUM MORTALITA MAKEHAM

Aniesa, Churin'in (2018) ANALISIS CADANGAN PREMI DENGAN METODE ILLINOIS UNTUK ASURANSI JIWA GABUNGAN ENDOWMENT BERDASARKAN HUKUM MORTALITA MAKEHAM. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (Introduction)
847Kb
[img]PDF (Content)
Restricted to Repository staff only

1697Kb
[img]
Preview
PDF (Bibliography)
341Kb

Abstract

Perusahaan asuransi memiliki kewajiban untuk membayar uang pertanggungan kepada pihak ahli waris. Berdasarkan kewajiban tersebut maka perusahaan asuransi harus memiliki uang simpanan yaitu cadangan premi yang diperoleh dari pembayaran premi. Ada beberapa metode yang digunakan dalam menghitung cadangan premi, salah satunya yaitu metode Illinois. Pada perhitungan ini digunakan pendekatan hukum mortalita Makeham. Kajian ini membahas cadangan premi dengan metode Illinois pada asuransi jiwa gabungan endowment dalam formula umum dan hukum mortalita Makeham, kemudian membandingkan perhitungan nilai cadangan premi. Perhitungan simulasi menggunakan Tabel Mortalita Indonesia (TMI) 2011. Hasil kajian didapat bahwa perbedaan formula terletak pada peluang hidup gabungan dan nilai cadangan premi berdasarkan hukum Makeham lebih kecil dibandingkan cadangan premi tanpa hukum Makeham. Kata kunci: Asuransi jiwa gabungan endowment, cadangan premi, metode Illinois, hukum mortalita Makeham.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
ID Code:84349
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:16 Jun 2022 09:00
Last Modified:16 Jun 2022 09:00

Repository Staff Only: item control page