ESTIMASI PENENTUAN TAKARAN PUPUK ORGANIK HAYATI PADA TANAMAN MENTIMUN YANG TELAH DIBERI PUPUK NPK MENGGUNAKAN METODE FUZZY MAMDANI

SHODIQ, JAFAR (2020) ESTIMASI PENENTUAN TAKARAN PUPUK ORGANIK HAYATI PADA TANAMAN MENTIMUN YANG TELAH DIBERI PUPUK NPK MENGGUNAKAN METODE FUZZY MAMDANI. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
1661Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

3774Kb
[img]
Preview
PDF
186Kb

Abstract

Logika fuzzy adalah perluasan dari logika biner, yang memungkinkan nilai keanggotaan dari anggota himpunan fuzzy berada diantara 0 dan 1. Dalam penerapannya, logika fuzzy sering digunakan dalam sistem pendukung keputusan untuk menentukan nilai output dari suatu sistem dengan input berupa himpunan fuzzy. Himpunan fuzzy merupakan himpunan derajat keanggotaan hasil pemetaan dari suatu himpunan dengan nilai derajat keanggotaan terletak pada interval nilai 0 sampai 1. Model fuzzy Mamdani merupakan salah satu sistem pendukung keputusan, yang digunakan pada penelitian ini. Pada penelitian ini ditentukan kombinasi pupuk NPK dan POH pada pertumbuhan tanaman mentimun. Eksperimen dilakukan untuk mengumpulkan data sebagai inputsistem fuzzy dengan defuzzifikasi Centoid yang digunakan dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini sistem fuzzy dengan input banyak daun dan banyak bunga dan takaran NPK dengan output takaran POH. Setelah dilakukan pengolahan data dengan sistem fuzzy, tanaman mentimun yang diberikan NPK dan POH menghasilkan hasil panen lebih banyak jika dibandingkan dengan tanaman mentimun tanpa diberikan POH.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
ID Code:84298
Deposited By:Admin Departemen Matematika
Deposited On:14 Jun 2022 09:57
Last Modified:14 Jun 2022 09:57

Repository Staff Only: item control page