SOLUSI FISIBEL AWAL MASALAH TRANSPORTASI MENGGUNAKAN METODE ROW-COLUMN’S DIVIDED DENGAN STEPPING STONE DAN MODI SEBAGAI METODE OPTIMUM

Herlandy, Muhammad (2020) SOLUSI FISIBEL AWAL MASALAH TRANSPORTASI MENGGUNAKAN METODE ROW-COLUMN’S DIVIDED DENGAN STEPPING STONE DAN MODI SEBAGAI METODE OPTIMUM. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
1133Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

4Mb
[img]
Preview
PDF
183Kb

Abstract

Masalah transportasi menyangkut pada beberapa sumber dan tujuan tertentu, komoditas atau barang yang didistribusikan dari setiap sumber dan yang diminta oleh setiap tujuan dengan jumlah tertentu. Masalah transportasi akan menghasilkan solusi awal dan solusi optimal. Metode yang digunakan untuk mencari solusi awal yaitu metode Row-Column’s Divided dan metode VAM. Kemudian untuk mencari solusi optimal dapat menggunakan metode Stepping Stone dan MODI. Selanjutnya membandingkan hasil dari metode Row-Column’s Divided dengan metode VAM. Pada masalah transportasi seimbang dan tidak seimbang solusi yang dihasilkan metode Row-Column’s Divided relatif lebih baik dan efisien bahkan beberapa contoh sudah optimal dibandingkan dengan metode VAM yang harus dioptimalkan terlebih dahulu dan melakukan perbaikan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
ID Code:84296
Deposited By:Admin Departemen Matematika
Deposited On:14 Jun 2022 09:54
Last Modified:14 Jun 2022 09:54

Repository Staff Only: item control page