MODEL EOQ UNTUK BARANG YANG MENGALAMI PENURUNAN MUTU DENGAN TINGKAT PRODUKSI TERBATAS DENGAN SHORTAGE DAN COMPLETE BACKLOGGING

Ramadhan, Diyo Raihan Putra (2020) MODEL EOQ UNTUK BARANG YANG MENGALAMI PENURUNAN MUTU DENGAN TINGKAT PRODUKSI TERBATAS DENGAN SHORTAGE DAN COMPLETE BACKLOGGING. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
849Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1638Kb
[img]
Preview
PDF
149Kb

Abstract

Dalam skripsi ini akan dibahas tentang model EOQ untuk barang yang mengalami penurunan mutu dengan tingkat produksi terbatas dengan shortage dan complete backlogging. Hal ini dikarenakan banyak perusahaan yang menyimpan persediaan di gudang dan mengalami kerugian karena selama masa penyimpanannya, barang-barang tersebut mengalami penurunan mutu atau kerusakan saat masa pakainya sudah habis. Tentunya ini merupakan kerugian untuk perusahaan karena harus membayar biaya penalti berupa penalti linear dan penalti eksponensial kepada konsumen berdasarkan Distribusi Weibull. Terdapat juga kasus shortage yang terjadi di perusahaan karena jumlah permintaan lebih besar dibanding jumlah persediaan serta terjadinya kasus complete backlogging karena barang yang diminta tidak langsung dikirim, melainkan ditumpuk terlebih dahulu di gudang sampai waktu yang ditentukan oleh konsumen. Studi kasus dilakukan di PT. Nippon Shokubai Indonesia berupa pemesanan bahan baku CAA (Acrylic Acid) yaitu C3 (Propylene). Dari data yang diperoleh didapatkan hasil yaitu dengan menerapkan metode EOQ untuk barang yang mengalami penurunan mutu dengan tingkat produksi terbatas dengan shortage dan complete backlogging, perusahaan dapat menghemat biaya yang dikeluarkan sebesar US$ 0,0104 untuk kasus biaya penalti linear dan sebesar US$ 1,9726 untuk kasus biaya penalti eksponensial.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
ID Code:84285
Deposited By:Admin Departemen Matematika
Deposited On:14 Jun 2022 09:31
Last Modified:14 Jun 2022 09:31

Repository Staff Only: item control page