THE IMPLEMENTATION MAX MIN TOTAL OPPORTUNITY COST METHOD FOR THE DETERMINATION OF THE OPTIMAL SOLUTION IN THE TRANSPORTATION PROBLEM

Liska Dwi , Hapsari (2019) THE IMPLEMENTATION MAX MIN TOTAL OPPORTUNITY COST METHOD FOR THE DETERMINATION OF THE OPTIMAL SOLUTION IN THE TRANSPORTATION PROBLEM. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img]
Preview
PDF
46Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

582Kb
[img]
Preview
PDF
45Kb

Abstract

Masalah transportasi merupakan masalah yang berhubungan dengan pendistribusian suatu barang, dengan tujuan meminimumkan biaya distribusi barang dan dapat memaksimalkan keuntungan. Masalah transportasi dapat diselesaikan dengan dua solusi. Solusi pertama yaitu mencari solusi fisibel awal dan solusi kedua menguji optimalitas dari solusi fisibel awal sehingga didapat solusi optimal. Metode Max Min Total Opportunity Cost merupakan salah satu metode baru yang diusulkan oleh Sushma Duraphe dan Sarla Raigar. Metode ini dapat menentukan solusi optimal tanpa harus mencari solusi fisibel awal pada masalah transportasi. Suatu masalah transportasi dikatakan seimbang apabila total persediaan dari sumber sama dengan total permintaan untuk tujuan. Metode Max Min Total Opportunity Cost merupakan metode langsung yang memberikan solusi optimal pada masalah transportasi seimbang. Langkah selanjutnya membandingkan dengan metode VAM-MODI. langkah-langkah penyelesaian metode VAM dengan metode Max Min Total Opportunity Cost sama, sehingga penyelesaian metode VAM lebih ringkas dari metode Max Min Total Opportunity Cost. Tetapi metode VAM hanya memberikan solusi fisibel awal belum solusi optimal, dan metode Max Min Total Opportunity Cost memberikan langkah-langkah yang mudah dipahami, dan memberikan hasil yang langsung optimal. Kata Kunci : Masalah Transportasi Seimbang, Solusi Optimal, Metode Max Min Total Opportunity Cost, Metode VAM-MODI.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics
ID Code:84195
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:11 Jun 2022 05:36
Last Modified:11 Jun 2022 05:36

Repository Staff Only: item control page