MODEL EOQ UNTUK BARANG YANG MUDAH RUSAK YANG MENGALAMI PENURUNAN MUTU DENGAN MASA PAKAI MAKSIMUM, PEMBAYARAN DIMUKA, DAN PERMINTAAN BERGANTUNG PADA IKLAN

Khasanah, Luluk Atul (2021) MODEL EOQ UNTUK BARANG YANG MUDAH RUSAK YANG MENGALAMI PENURUNAN MUTU DENGAN MASA PAKAI MAKSIMUM, PEMBAYARAN DIMUKA, DAN PERMINTAAN BERGANTUNG PADA IKLAN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
621Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1383Kb
[img]
Preview
PDF
318Kb

Abstract

Iklan adalah salah satu cara paling efektif untuk mempromosikan dan menyebarkan popularitas produk. Hal ini sangat berpengaruh pada permintaan poduk. Di sisi lain, jika masa pakai suatu produk sudah kadaluarsa maka produk tidak dapat dikomsumsi ataupun digunakan kembali dan poduk akan semakin mengalami penurunan mutu. Dengan demikian, masa pakai maksimum suatu produk (maximum lifetime) adalah masalah penting dalam manajemen inventaris. Pembayaran di muka (advanced payment) merupakan faktor penting lainnya diantara ketertkaitan pemasok dan pengecer. Dalam skema pembayaan di muka ini akan mengurangi resiko adanya pembatalan pemesanan dan memastikan pengiriman dilakukan tepat waktu. Dengan kasus ini, maka digunakan suatu optimalitas model inventaris dengan algoritma solusinya. Melalui beberapa iterasi pada algoritma ini, maka akan diperoleh frekuensi optimal iklan yang menentukan harga jual dan permintaan suatu produk. Dengan demikian, keuntungan optimal suatu produk dapat ditentukan berdasarkan frekuensi iklan, harga jual, dan permintaan produk yang sudah optimal.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
ID Code:84189
Deposited By:Admin Departemen Matematika
Deposited On:10 Jun 2022 10:44
Last Modified:10 Jun 2022 10:44

Repository Staff Only: item control page