Hubungan antara Kecerdasan Spiritual dengan Perilaku Prososial pada Mahasiswa Anggota JAKFI (Jaringan Aktivis Filsafat Islam) Nusantara

Fatimatuzzahra, Diah and Indrawati, Endang Sri (2022) Hubungan antara Kecerdasan Spiritual dengan Perilaku Prososial pada Mahasiswa Anggota JAKFI (Jaringan Aktivis Filsafat Islam) Nusantara. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
HTML
197Kb
[img]
Preview
PDF
197Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan spiritual dengan perilaku prososial. Subjek dalam penelitian ini yaitu anggota komunitas JAKFI Nusantara yang berstatus sebagai mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 115 orang yang diperoleh dengan menggunakan teknik pengambilan sampel simple random samping. Pengumpulan data menggunakan skala perilaku prososial yang terdiri dari 28 aitem valid dengan koefisien reliabilitas 0,951 dan skala kecerdasan spiritual yang terdiri dari 66 aitem valid dengan koefisien reliabilitas 0,966. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan spiritual dengan perilaku prososial (rxy = 0,721 dengan p = 0,000 (p<0,05)), yang berarti semakin tinggi kecerdasan spiritual, maka semakin tinggi perilaku prososial. Sebaliknya, semakin rendah kecerdasan spiritual, maka semakin rendah perilaku prososial. Sumbangan efektif yang diberikan kecerdasan spiritual kepada perilaku prososial adalah 52% (R square = 0,52), sedangkan 48% sisanya diprediksi oleh faktor-faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:84112
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Apr 2022 20:31
Last Modified:12 Apr 2022 20:31

Repository Staff Only: item control page