Pengaruh Perbedaan Formulasi Terhadap Mutu Organoleptik dan Umur Simpan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) dengan Hidrolisat Protein Ikan (HPI) Nila (Oreochromis niloticus)

Gendis Raka Siwi, Gendis and Nuryanto, Nuryanto and Ayu Rahadiyanti, Ayu and Aryu Candra1, Aryu Pengaruh Perbedaan Formulasi Terhadap Mutu Organoleptik dan Umur Simpan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) dengan Hidrolisat Protein Ikan (HPI) Nila (Oreochromis niloticus). -. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF
102Kb

Abstract

Latar belakang: Hidrolisat protein ikan nila dapat meningkatkan kandungan protein dan kaya asam amino esensial dan lebih mudah dicerna. Selain nilai gizi yang baik kualitas MP-ASI instan juga ditentukan oleh mutu organoleptik dan umur simpan. Tujuan: untuk mengetahui pengaruh perbedaan formulasi terhadap mutu organoleptik dan umur simpan makanan pendamping ASI (MP-ASI) dengan hidrolisat protein ikan (HPI) nila (Oreochromis niloticus). Metode: Penelitian eksperimental dengan rancangan percobaan acak lengkap (RAL) dengan penambahan tepung ikan nila 8 gram (F1), dan penambahan HPI nila 7 gram (F2), 8 gram (F3), dan 9 gram (F4). Uji mutu organoleptik dengan 28 panelis agak terlatih. Pengujian umur simpan menggunakan metode Accelerated Shelf Life Testing (ASLT) dan disimpan pada suhu 25oC, 35oC, 45oC selama 28 hari. Uji normalitas menggunakan Shapiro Wilk, analisis statistik mutu organoleptik menggunakan uji Kruskal Wallis dilanjutkan dengan uji Mann-Whitney. Hasil: Terdapat pengaruh perbedaan formulasi MP-ASI instan HPI terhadap mutu organoleptik parameter rasa (p=0,000), dan tidak terdapat pengaruh perbedaan formulasi terhadap warna (p=0,197), aroma (p=0,598), dan tekstur (p=0,272). Formula yang paling disukai berdasarkan rasa yaitu F2 (2,93±0,766). Formula MP-ASI yang mempunyai umur simpan terpanjang adalah F2 yaitu 66,6 hari pada suhu 25oC. Simpulan: Perbedaan formulasi MP-ASI instan dengan HPI ikan nila berpengaruh terhadap mutu organoleptik pada parameter rasa, namun tidak berpengaruh terhadap warna, aroma, dan tekstur. Semakin banyak penambahan HPI ikan nila pada MP-ASI instan semakin pendek umur simpan. Kata kunci: accelerated shelf life testing, hidrolisat protein ikan nila, MP-ASI instan, uji organoleptik Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro, Semarang

Item Type:Other
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:84024
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Mar 2022 13:55
Last Modified:25 Mar 2022 13:55

Repository Staff Only: item control page